MENTAWAI, SUMBAR -- Giulia Manfrini (36) warga negara Italia ditemukan tewas usai berselancar di Pantai Siberut Barat Daya, Pulau Masokut, Mentawai, Sumatera Barat, Jumat (18/10/2024). 

Manfrini diduga tenggelam usai ditusuk ikan todak (Xiphias gladius) sehingga meninggal dunia. Ikan todak adalah sejenis ikan laut yang rahang atas dan moncongnya memanjang berbentuk seperti pedang pipih dan kuat, berukuran hampir sepertiga panjang badan ikan tersebut. 

Giulia Manfrini diduga tewas tertusuk ikan todak saat bermain surfing di perairan Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar), pada Jumat (18/10/2024).

Kendati sempat ditolong rekannya, nyawa Manfrini tidak bisa diselamatkan ketika sampai di Puskesmas Pei Pei.

Kapolres Mentawai, AKBP Rory Ratno, menjawab konformasi awak media, membenarkan peristiwa tersebut. Ia mengatakan adanya satu orang WNA meninggal dunia, diduga tertusuk mulut ikan todak di Mentawai, Sumbar.

Peristiwa tersebut terjadi saat korban sedang bermain surfing di perairan ombak Bengbeng, Pulau Masokut, Desa Pasakiat Taileleu, Kecamatan Siberut Barat Daya, Kepulauan Mentawai, Sumbar.

AKBP Rory Ratno menyampaikan bahwa korban diduga tertusuk oleh mulut ikan todak pada Jumat (18/10/2024) sekitar pukul 09.00 WIB.

Korban diketahui bernama Giulia Manfrini (36) yang berkebangsaan Italia.

Pihaknya mendapatkan informasi dari saksi bernama Alex pukul 09.30 WIB.

"Saksi ini pada pukul 08.00 WIB sedang bersama dengan saksi lainnya bernama Massimo beserta korban," kata Rory Ratno, Sabtu (19/10/2024).

Saksi bersama korban akan menuju perairan Ombak Bengbeng di Pulau Masokut, Mentawai.

Mereka berangkat dari salah satu resort yang berada di Pulau Patotogat, Desa Katurai, Kecamatan Siberut Barat Daya, Mentawai.

"Mereka pergi ke perairan Ombak Bengbeng adalah untuk bermain surfing. Namun, pada pukul 09.00 WIB, kedua saksi melihat korban meminta tolong dengan cara melambaikan tangannya," ujarnya.

Melihat hal tersebut, kedua saksi langsung berusaha untuk mengevakuasi korban dan memberikan pertolongan pertama.

Namun, kondisi korban sudah tidak sadarkan diri.

Kedua saksi berusaha untuk membawa korban yang sudah tidak sadarkan diri agar mendapatkan perawatan dan pengobatan ke Puskesmas Peipei, Pasakiat Taileleu, Mentawai.

 "Pukul 09.30 WIB, Dokter Puskesmas Peipei menyatakan bahwa korban telah meninggal dunia," pungkasnya.

#trb/bin




 
Top