CIREBON, JABAR -- Sama seperti manusia, hewan sebagai makhluk hidup memiliki kebutuhan dasar. Selain makan, hewan juga membutuhkan perawatan kasih sayang hingga kebahagiaan.

Di Cirebon terdapat salah satu komunitas pecinta hewan yang berfokus pada edukasi kesejahteraan hewan, bernama Simply Pet Parent. 

Menurut pendiri komunitas Novita Damayanti, nama Simply Pet Parent memiliki maknanya tersendiri.

"Artinya orang tua hewan peliharaan yang sederhana. Merajuk ke perawatan hewan peliharaan dengan cara yang tidak rumit. Fokus dengan kebutuhan dasar dan kebahagiaan hewan peliharaan," tutur Novita kepada awak media, belum lama ini.

Novita memaparkan, komunitas pecinta hewan Simply Pet Parent mulai terbentuk sekitar dua tahun yang lalu. 

Kala itu, lanjut Novita, sedang ramai isu yang membahas tentang perdagangan daging anjing. Sebagai pecinta hewan, Novita dan teman-teman yang lain mencoba untuk mengadvokasi agar pemerintah mengeluarkan surat edaran tentang pelarangan daging anjing.

"Berawal dari dua tahun lalu, pas adanya perdagangan daging anjing. Aku sama temen-temen berjuang sampai menghadap DPRD perihal itu. Sampai akhirnya, Pemerintah Kota Cirebon, mengeluarkan surat edaran pelarangan daging anjing," tutur Novita.

Setelah pemerintah mengeluarkan surat edaran tentang pelarangan daging anjing, Novita dan teman-teman yang lain berinisiatif untuk membuat komunitas pecinta hewan Simply Pet Parent.

Menurut Novita, selain sebagai ajang untuk saling mengenal antar pecinta hewan, Simply Pet Parent juga memiliki beberapa tujuan utama, seperti menyebarkan informasi edukasi tentang kesejahteraan hewan, membangun kesadaran tanggung jawab terhadap hewan, serta komitmen orang tua asuh hewan.

Novita menambahkan masih banyak orang yang masih abai tentang kesadaran dan tanggung jawab dalam memelihara hewan peliharaan.

"Banyak kita temuin hewan peliharaan yang sudah tidak diinginkan akhirnya sulit cari adopter baru. Jika pun mudah cari adopter, hewan peliharaan masih punya bekas di hatinya. Apalagi anjing, dia akan kehilangan ownernya banget," tutur Novita.

"Kendalanya juga belum banyak pemilik hewan di Cirebon yang sadar sama tanggung jawab sebagai pemilik hewan, dan belum banyak yang mengerti tentang kesejahteraan hewan. Jadi kadang tujuan, dan apa yang kita sampaikan orang belum mengerti," tambah Novita.

Menurut Novita, ada banyak kegiatan yang dilakukan komunitas pecinta hewan Simply Pet Parent, seperti melakukan vaksinasi, membuat event hingga jadi tempat belajar bagi orang yang ingin baru punya hewan peliharaan.

"Kita lagi mulai edukasi melalui event, perdana di Cirebon itu pada 25 Februari 2024 lalu ada Dog Fun day, hari Kamis ini ada vaksin rabies gratis dengan target Perumahan Pegambiran Harmoni, sama nanti di hari Sabtu 5 Oktober 2024 akan ada kolaborasi Pet Blessing Day di Gereja Bunda Maria," tutur Novita.

Selama dua tahun berkegiatan di komunitas, ada banyak kesan yang dialami Novita. Salah satunya perasaan senang saat melihat hewan peliharaan bisa berbaur dan bersosialisasi dengan hewan lainya.

"Perihal kesejahteraan hewan tuh sudah jadi konsen di indonesia. Lewat komunitas ini hewan peliharaan jadi bisa bebas berekspresi. Jadi selalu sangat gembira kalo bisa liat hewan-hewan itu bisa berbaur, bersosialisasi dengan hewan lainnya di tempat umum," tutur Novita.

Lewat komunitas Simply Pet Parent, Novita berharap dapat terus konsisten dalam memberikan edukasi kepada banyak orang tentang pentingnya kesejahteraan hewan. Bagi yang tertarik bergabung langsung menghubungi Novita, atau lewat instagram @simplypetparent.

"Harapannya bisa terus konsisten dalam memberikan informasi dan menjadi wadah untuk owner dan hewannya. Dan semoga dengan adanya komunitas, hewan di Cirebon punya kehidupan yang lebih baik dan berkualitas," pungkas Novita.

#dtc/bin




 
Top