JAKARTA -- Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi dilantik sebagai Presiden-Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) 2024-2029 di Gedung MPR/DPR RI, Jakarta Pusat pada Minggu (20/10/2024) sekitar pukul 10.30 WIB. 

Seusai pelantikan pasangan terpilih yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) tersebut, baragam pesan berisi harapan pun disampaikan rakyat. Rata-rata berharap kepemimpinan Prabowo-Gibran dapat membawa perubahan signifikan dan menawarkan solusi atas berbagai tantangan yang dihadapi negara dan bangsa Indonesia.

Perbanyak lapangan kerja 

Robinson (50), warga Kabupaten Bekasi, berharap pemerintahan Prabowo-Gibran bisa memperluas lapangan pekerjaan mengingat kasus pemutusan hubungan kerja (PHK) akhir-akhir ini marak terjadi di sejumlah perusahaan.

"Semoga duet pemimpin nasional ini benar-benar mengabdi untuk rakyat. Mereka bisa memperluas lapangan pekerjaan, sebab kita semua sama-sama tahu bahwa PHK lagi marak kan?," ungkap bapak satu orang putri yang  akrab disapa Ibink ketika dijumpai di kediamannya, Senin (21/10/2024).

Harapan senada disampaikan oleh warga Jakarta Timur, Syahri Ramadhan Siregar (51). Kakek dua orang cucu itu berharap lapangan pembukaan pekerjaan lebih diperbanyak demi kemajuan ekonomi negara. 

"Seperti disampaikan Bapak Prabowo dalam pidatonya di acara pelantikan, salah satu persoalan krusial bangsa ini adalah tingginya angka pengangguran. Banyak rakyat yang enggak kerja. Oleh sebab itu, tolong dientaskan. Perbanyak lapangan pekerjaan sehingga ekonomi bagus lagi," ujar alumni Universitas Borobudur Jakarta tersebut.

Turunkan harga kebutuhan pokok

Selain lapangan pekerjaan, rakyat juga berharap pemerintahan Prabowo-Gibran bisa menurunkan harga kebutuhan pokok yang saat ini sangat membebani masyarakat.

"Mengulang pernyataan Bapak Prabowo bahwa selaku presiden ia bertekad bikin Indonesia sebagai negara maju dan rakyatnya makmur, ya buktikan saja lewat solusi dan aksi nyata. Jangan sampai ledekan "cuma omon-omon" sebagaimana kerap beliau arahkan ke salah satu eks rival di Pilpres lalu malah lekat ke dirinya berikut kabinet yang ia bentuk. Makmurkan rakyat kecil, bikin kebutuhan pokok menjadi murah, harga-harga barang tidak meroket seperti yang sekarang dirasakan rakyat kecil," ujar Andri (40), warga Jakarta Selatan. 

Seperti halnya Andri, warga Tangerang Selatan (Tangsel) bernama Anovtrizal Masdar (50) berharap pemerintah ke depan bisa memastikan harga pangan stabil. "Rakyat sudah sangat menderita lantaran harga bahan baku pangan hari ke hari kian meroket.  "Jadi pasangan pemimpin bangsa yang benar-benar humanislah hendaknya Prabowo-Gibran. Dapat amanah besar jangan malah bikin rakyat makin menderita," pria yang akrab disapa Chanop tersebut. 

#bin/ede





 
Top