JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami kasus dugaan rasuah terkait paket pekerjaan pengerukan alur pelayaran pelabuhan. Satu saksi diperiksa penyidik pada Selasa (8/10/2024).

“Saksi hadir dan didalami terkait proses pekerjaan pengerukan di KSOP Pulau Pisang tahun 2016,” kata Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto melalui keterangan tertulis, Rabu (9/10/2024).

Tessa cuma mau memerinci inisial saksi itu yakni SIG. Ia tak mengungkap lebih lanjut keterangan saksi kepada penyidik untuk menjaga kerahasiaan proses penyidikan.

“Pemeriksaan dilakukan di Gedung KPK Merah Putih,” ucap Tessa.

Sebelumnya, KPK mengumumkan dibukanya penyidikan baru. Kasusnya berkaitan dengan dugaan rasuah terkait paket pekerjaan pengerukan alur pelayaran pada beberapa pelabuhan di Indonesia.

Dugaan korupsi ini terjadi sekitar 2013 sampai 2017 di sejumlah pelabuhan. Pelabuhan yang diduga terjadi permainan kotor yakni Tanjung Mas, Samarinda, Banoa dan Pulang Pisau.

KPK sudah menetapkan sembilan orang tersangka dalam kasus baru ini. Namun, identitasnya masih dirahasiakan sampai penahanan dilakukan.

#dtc/bin




 
Top