PADANG -- Hujan dengan intensitas tinggi melanda sejumlah wilayah di Sumatera Barat (Sumbar) pada Jumat hingga Sabtu (4-5/10/2024) dini hari. Akibatnya tiga kabupaten di Sumbar terendam banjir yakni Padang Pariaman, Agam dan Pasaman.

Juru Bicara BPBD Sumbar, Ilham Wahab Sabtu (5/10/2024) mengatakan, ada tiga wilayah di Sumbar yang terendam banjir karena tingginya intensitas hujan. Dengan wilayah yang paling terdampak di Kabupaten Padang Pariaman.

“Ratusan masyarakat sempat menggungsi dengan merendam tujuh Kecamatan. Namun saat ini kondisi warga sudah kembali ke rumah masing-masing karena debit air yang sempat tinggi sudah berangsur surut,” kata Ilham.

Sementara itu, ungkap Ilham lagi, di wilayah Agam hanya dua kecamatan dan Pasaman satu kecamatan. Namun di Agam ada dua rumah yang mengalami kerusakan akibat banjir yang merendam daerah tersebut.

“Saat ini BPBD setiap kabupaten yang terdampak banjir masih menghimpun kerugian yang ditimbulkan akibat bencana banjir tersebut. Sementara untuk korban jiwa akibat kejadian ini tidak ada," ujarnya.

Ilham mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan bagi yang akan berpergian agar dapat mencari informasi terlebih dahulu sekaitan dengan cuaca. Sebab, dari perkiraan dan informasi BMKG hujan masih melanda sejumlah wilayah di Sumbar dalam dua hari kedepan. 

#bin




 
Top