JAKARTA -- AstraPay sebagai aplikasi pembayaran digital dinilai positif oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia, utamanya jutaan pengguna dari generasi muda serta kalangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Karena, di era serba digital ini, AstraPay justru hadir menawarkan berbagai kemudahan dalam melakukan transaksi sehari-hari, termasuk pembayaran tagihan, transfer dana dan belanja online.

Kehadiran AstraPay dapat memperluas kesadaran masyarakat terutama yang berbisnis tentang pentingnya menggunakan layanan keuangan digital yang aman dan terpercaya. Dengan demikian, AstraPay pun ikut berpartisipasi mendukung gaya hidup modern yang praktis dan efisien.

Teranyar, AstraPay yang merupakan bagian dari Grup Astra, ikut mendukung pengembangan potensi generasi muda dalam hal kesehatan, pendidikan dan keterampilan. 

Partisipasi AstraPay tersebut terjadi dalam acara Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreativitas Remaja Generasi Berencana (ADUJAK GenRe) Nasional 2024, di Bali (20/9/2024). 

ADUJAK GenRe merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

“Kami sangat senang dapat mendukung acara ADUJAK GenRe Nasional 2024. Generasi muda adalah agen perubahan masa depan, dan AstraPay hadir untuk memberikan dukungan, baik melalui layanan finansial yang memudahkan kehidupan sehari-hari, maupun melalui kegiatan edukatif seperti talkshow di acara ini,” kata Vice President AstraPay Karnanda Kurniardhi.

Sebelumnya, AstraPay sebagai salah satu penyedia layanan dompet digital di bawah naungan dari Astra Financial juga turut mendukung penuh program Corporate Social Responsibility (CSR) melalui program Sekolah Literasi dan Inklusi Keuangan Astra Financial. 

Program ini diadakan oleh Astra Financial pada Juni 2024 di SMKN 4 Padalarang. Melalui program ini, AstraPay ingin membantu para pelajar untuk memahami pentingnya keuangan dan bagaimana mengelola keuangan mereka dengan baik.

Di kesempatan berbeda AstraPay turut mendukung transformasi digital di industri otomotif. Hal itu ditunjukkan melalui keikutsertaannya di dua pameran otomotif terbesar di Indonesia, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya dan Tangerang 2024, dengan meraih 31.364 transaksi atau setara dengan 179,22% dari target awal.

“Keikutsertaan AstraPay di GIIAS 2024 merupakan bagian dari komitmen kami untuk selalu berinovasi dan memberikan layanan yang relevan dengan kebutuhan pasar. Kami melihat bahwa konsumen semakin memilih metode pembayaran digital yang cepat, mudah, dan aman, terutama di sektor otomotif,” papar Chief Marketing Officer Reny Futsy Yama.

Selain hasil positif dalam peningkatan jumlah transaksi, AstraPay berhasil menggaet jumlah pengguna baru lebih dari 2.000 orang. Hal ini menunjukkan bahwa banyaknya masyarakat yang tertarik dengan layanan AstraPay untuk bertransaksi. Capaian positif di GIIAS 2024 ini diraih salah satunya berkat AstraPay yang menawarkan beragam promo menarik untuk para pengunjung.

Daya tarik promo yang ditawarkan AstraPay diakui langsung oleh Bianca, salah satu pengunjung GIIAS Tangerang 2024. “Saya menggunakan AstraPay untuk kebutuhan sehar-hari seperti beli pulsa dan jajan menggunakan QRIS,” ungkap Bianca.

Pengalaman serupa juga diungkapkan pelaku UMKM lain sebelumnya. Mereka menggunakan AstraPay seiring dengan banyak promo sehingga bisa menarik banyak pelanggan. Selain itu AstraPay dikenal praktis dan konsisten setiap transaksinya.

Target 2024

Chief Executive Officer (CEO) AstraPay Rina Apriana sebelumnya menargetkan, jumlah pengguna AstraPay tahun ini bisa mencapai 15 juta pengguna. Angka ini tergolong tinggi karena per Mei 2024 AstraPay baru memiliki sekitar 13 juta user. Begitu juga nilai transaksi bruto atau gross transaction value (GTV) yang mencapai Rp 19,03 triliun pada periode Januari–Mei 2024, ditargetkan meningkat hingga akhir tahun.

“AstraPay menargetkan 15 juta pengguna dengan jumlah transaksi yang ditargetkan sebesar 32 juta kali disertai GTV yang ditargetkan mencapai Rp 52,59 triliun sampai dengan akhir tahun 2024,”ujarnya.

QRIS AstraPay sendiri banyak digunakan untuk transaksi transportasi, di bengkel motor, dan sejumlah pameran otomotif sehingga mengalami peningkatan transaksi dan jumlah pengguna AstraPay.

Selain konsen pada peningkatan jumlah transaksi, AstraPay juga memberi perhatian khusus terhadap sustainability dengan berfokus pada digitalisasi dan praktik bisnis ramah lingkungan. Beberapa hal yang dilakukan antara lain meminimalisir transaksi dengan kertas, menjadi payment channel untuk pembayaran tiket transportasi publik, mengurangi risiko penipuan yang mengarah pada praktik keuangan yang lebih bertanggung jawab, dan mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan.

#kal/bin




 
Top