JAKARTA -- Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil (RK) mengungkap rencana pengembangan kawasan Kepulauan Seribu. Ia mengaku ingin menjadikan wilayah tersebut sebagai kawasan ekonomi khusus wisata.

Cara ini disebutnya bisa mendorong kemakmuran kawasan Kepulauan Seribu dan Jakarta Utara. Menurutnya hal ini memungkinkan untuk dilakukan lantaran lahan di kawasan itu merupakan milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI.

"Kepulauan Seribu kita usulkan sebagai kawasan ekonomi wisata khusus. Itu gerbangnya di Ancol. Karena lahannya dimiliki oleh pemerintah provinsi maka aksesibilitasnya jauh lebih mudah untuk diatur," ujar RK kepada awak media, Minggu (30/9/2024).

Untuk mewujudkannya, ia akan mendorong transportasi umum yang terintegrasi untuk bisa sampai ke Kepulauan Seribu. Hal ini bisa memudahkan masyarakat untuk melakukan mobilitas ke kawasan itu.

"MRT ujungnya juga ada di Ancol," ucapnya.

Selain mengembangkan Kepulauan Seribu, pasangan RIDO juga akan mengembangkan infrastruktur di Jakarta Utara.

"Jakarta Utara tetap akan disempurnakan, diperbaiki. Jangka pendek dihijaukan, jangka menengah akan kita kaji lebih matang. Kalau kurang banyak jalan, insyaAllah diperbanyak," tegasnya.

Ridwan Kamil bilang, pembangunan infrastruktur yang paling logis memang akan lebih mudah dilakukan ke arah utara Jakarta. Ia menilai utara Jakarta masih memiliki lahan yang bisa dikembangkan.

"Timur sudah padat dan lahannya terbatas, begitu juga dengan barat dan selatan. Yang memungkinkan adalah ke utara dengan memaksimalkan salah satunya lewat lahan reklamasi. Utara secara takdir masih bisa direkayasa, itu poinnya," pungkasnya.

#src/bin




 
Top