SEMARANG -- Universitas Wahid Hasyim Semarang menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2024. Kegiatan yang diikuti lebih dari 1.700 mahasiswa baru dilaksanakan di Kampus II Unwahas Gunungpati, Kota Semarang.

Ketua PKKMB Unwahas, Nur Kholis menyebutkan, peserta mengikuti proses PKKMB selama tiga hari berturut-turut. “Kegiatan PKKMB dijadwalkan selama tiga hari, pagi ini materi dari Rektorat kemudian hari ke dua Kefakultasan hingga hari ke tiga ditutup dengan Inaugurasi bersama Kemahasiswaan” ungkapnya, Jumat (27/9/2024).

Dalam PKKMB ini, pihaknya berharap mampu memberikan orientasi kuliah yang positif di Kampus yang menerapkan Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja). Setelah proses PKKMB, mahasiswa diajak mengikuti orientasi Keaswajaan secara daring untuk memahami proses toleransi dan nilai lainnya dalam ajaran Ahlussunnah wal Jamaah.

“Kami berharap dalam kegiatan ini mahasiswa baru mampu mengenal kampusnya lebih dalam. Sehingga dapat mempersiapkan diri untuk bertransisi dari siswa sekolah menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri,” katanya.

Wakil Rektor 1 bidang Akademik, Dr Andi Purwono menyebut jumlah mahasiswa baru Unwahas 2024 sebanyak 2588 mahasiswa yang tersebar pada 25 program studi. “Kami laporkan bahwa dari 2588 mahasiswa baru, 80 mahasiswa diterima dengan beasiswa KIPK murni, 190 mendapat beasiswa KIPK melalui jalur aspirasi, dan 110 diusulkan mendapatkan KIP melalui jalur aspirasi lainnya,” ungkapnya.

Selain itu, Unwahas masih menjadi salah satu Universitas pilihan mahasiswa asing untuk mengambil program studi.“Kami juga menerima mahasiswa asing yang menempuh studi di Universitas Wahid Hasyim dari berbagai negara sejumlah 166 mahasiswa” lanjutnya.

Adapun negara asal mahasiswa asing 15 negara antara lain : Timor Leste, Thailand, Afghanistan, Irak, Azerbaijan, Austria, Tiongkok, Uzbekistan, Yaman, Filipina, Vietnam, Kamboja, India, Pakistan, dan Srilanka.

#rel/ede




 
Top