PADANG -- Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi melantik 9 orang Pejabat Sementara (Pjs) bupati dan wali kota di Sumbar. Para Pjs itu akan menggantikan sementara kepala daerah yang maju di Pilkada serentak 2024.

Mahyeldi berharap para Pjs yang telah dilantik dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya. Ia juga meminta 9 orang Pjs ini ikut memantau Pilkada dapat berjalan dengan lancar.

"Pjs akan melaksanakan tugas selama cuti masa kampanye para pejabat bupati dan wali kota. Harapan kita (mereka) bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dalam pola pemerintahan dan kelancaran pelaksanaan Pilkada di masing-masing daerahnya," kata Mahyeldi saat ditemui awak media usai pelantikan, Selasa (24/9/2024) sore.

Mahyeldi mengatakan tugas 9 orang Pjs ini juga tidak akan mudah, karena ada beberapa agenda yang berkaitan dengan pembahasan APBD 2025. Ia berharap hal tersebut bisa diselesaikan dengan baik.

"Yang lebih urgent lagi agenda-agenda yang berkaitan dengan APBD. Karena ada pembahasan tentang APBD 2025 dan beberapa peraturan lainnya. Dan kita harapkan ini dapat selesai dengan baik dan maksimal sehingga pola pemerintahan berjalan lancar," ungkapnya.

"Selain itu, yang lebih penting lagi adalah bagaimana menjaga semangat dari ASN untuk bisa bekerja maksimal dan kemudian juga terbebas dari intimidasi atau tekanan-tekanan dari mana saja. Ini perlu disupport dan didukung para Pjs ke depannya," sambungnya.

Mahyeldi mengatakan pengangkatan 9 orang Pjs ini juga sesuai surat keputusan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Sebagaimana dalam perpres Mendagri, bahwasanya Pjs akan bertugas selama cuti kampanye kepala daerah bupati dan wali kota," tutupnya.

Berikut 9 Nama Pejabat Sementara (Pjs) Bupati/Wali Kota di Sumbar:

1. Adib Alfikri, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sumbar sebagai Pjs Bupati Solok Selatan

2. Maifrizon, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumbar sebagai Pjs Bupati Sijunjung

3. Arry Yuswandi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar sebagai Pjs Bupati Tanah Datar

4. Ahmad Zakri, Kepala Badan Kepegawaian Provinsi Sumbar sebagai Pjs Bupati Lima Puluh Kota

5. Akbar Ali, Kepala Pusat Strategi Kebijakan Politik, Hukum dan Pemerintahan Dalam Negeri Kemendagri sebagai Pjs Bupati Solok

6. Erasukma Munaf, Kepala Bina Marga, Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Sumbar sebagai Pjs Bupati Pesisir Selatan

7. Endrizal, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Sumbar sebagai Pjs Bupati Agam

8. Edi Dharma Syafni, Kepala Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar sebagai Pjs Bupati Pasaman

9. Hani Syopiar Rustam, Sekretariat Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri sebagai Pjs Wali Kota Bukittinggi

#dtc/dhm





 
Top