PADANG -- Sebagai wujud kekompakan hidup bersama dalam satu lingkungan, segenap warga RT 001 RW 001 Kelurahan Air Tawar Timur (ATT) Kecamatan Padang Utara melaksanakan Pemilihan Ketua RT dengan "duduak salapiak basamo" (duduk  satu tikar bersama). 

Pemilihan dilangsungkan pada Rabu (21/8/2024) malam, di atas tikar yang sengaja dibentangkan di pertigaan jalan Sepinggan ujung, depan Pos Kamling RT 001/RW 001 ATT yang selama ini merupakan pusat pertemuan antar warga setempat. 

Berlangsung tertib dan sarat nuansa kekeluargaan, pilihan berdasarkan suara terbanyak akhirnya jatuh kepada Jaya Nur, kandidat nomor urut 1 dengan perolehan 26 suara dari 61 hak pilih. 

Sementara dua kandidat lainnya, Eko Saputra (nomor urut 2) dan Julia Widyanti (nomor urut 3) sama-sama memperoleh 17 suara. Dengan demikian, Jaya Nur berhak atas amanah sebagai Ketua RT 001 RW 001 ATT Periode 2024-2029, menggantikan pendahulunya Anifri yang telah mengabdi selama dua periode di lingkungan yang sama. 

Alfian Davit Pratama, panitia pemilihan, menjelaskan, pemilihan Ketua RT 001 RW 001 ATT kali ini dilaksanakan dengan mekanisme terbuka. Masing-masing warga kategori dewasa yang namanya tercatat pada kartu keluarga (KK) lingkungan RT setempat memiliki hak pilih satu suara. 

Kehadiran pada saat pemilihan, tekan Davit, menjadi prasyarat mutlak bagi setiap warga dalam menggunakan hak pilih. 

Untuk pemilihan ketua RT ini, setiap warga yang datang mencentang nama kandidat pilihan masing-masing pada kertas kecil yang sudah disediakan panitia.

"Jadi sudah kita umumkan bahwa dalam pemilihan ketua RT ini, bapak Jaya Nur terpilih menjadi ketua dengan perolehan 26 suara, berikutnya bapak Eko Saputra 17 suara dan ibu Yulia Widyanti dengan perolehan 17 suara. Sementara 1 suara dinyatakan tidak sah," terang David, demikian sosok muda ini akrab disapa, selepas prosesi pemilihan.

Sementara itu, Ketua RT terpilih Jaya Nur mengaku berterima kasih atas kepercayaan masyarakat kepada dirinya untuk memimpin RT 001. Ia berkomitmen menjalankan tugas selaku perangkat warga dengan sebaik-baiknya.

"Ucapan terima kasih atas kepercayaan warga. Insya Allah saya akan menjalankan amanah ini sebaik-baiknya, semoga kita kompak selalu dan dapat menjaga hubungan silaturahmi sesama warga terutama untuk warga RT 001," ungkap Jaya Nur.

Pada kesempatan itu juga, warga sekaligus menyepakati ditunjuknya Eko Saputra menjadi Sekretaris RT 001 dan Yulia Widyanti menjadi Bendahara RT 001. 

Berlangsung di tengah cuaca yang mendukung, pemilihan Ketua RT 001 RW 001 ATT malam itu ditutup dengan ramah tamah sembari masing-masing warga yang hadir mencicipi sebungkus nasi goreng "Garuda", partisipasi dari salah seorang ibu yang juga tokoh senior lingkungan setempat.

#ede/rdi






 
Top