GRESIK, JATENG -- Sekolah Alam Lentera Hati (Saleh) Gresik terus menebarkan rasa cinta lingkungan pada seluruh siswa. Sabtu (24/8/2024), dilangsungkan fashion show baju daur ulang. Kegiatan tersebut diselenggarakan di mini garden belakang sekolah.

Siswa dan orang tua diberi waktu 2-3 minggu untuk berkreasi dengan bahan daur ulang di rumah. Bahannya dari sampah daur ulang plastik, kertas, kardus dan lainnya. Temanya bebas. Mulai dari carnival, Nusantara, tumbuhan, hewan, hingga negeri dongeng.

Karya terbaik tersebut lantas dipamerkan lewat fashion show di panggung. Seluruh siswa bersama sang bunda diharuskan catwalk di depan para undangan. Di momen itu, kekompakan serta kepercayaan diri siswa dan orang tua diuji.

”Panggung ini sekaligus jadi sarana menempa keberanian anak untuk tampil, kepercayaan diri mereka juga terbentuk,” ujar Kepala Saleh Gresik Duwi Novitasari.

Duwi Novitasari juga memberikan apresiasi pada seluruh siswa dan wali murid. Seluruhnya begitu totalitas dalam mengikuti kegiatan tersebut.

”Saya paham bahwa orang tua pasti punya banyak kesibukan. Di tengah kesibukan itu, masih meluangkan waktunya mempersiapkan karya terbaik untuk ditampilkan,” ungkap Duwi Novitasari.

Tak sekadar menanamkan cinta lingkungan, fashion show itu juga merupakan wujud dari kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bulan ini. Khususnya tema gaya hidup berkelanjutan.

Ketua Yayasan Saleh Gresik Sugiono Ruslan mengatakan, lewat kegiatan itu, pihak sekolah ingin menanamkan kecintaan pada Tanah Air. Salah satu wujud cinta tanah air itu dengan pemanfaatan barang bekas untuk menjaga lingkungan.

”Terlebih, Saleh merupakan sekolah alam. Jadi kami ingin memberikan edukasi pada siswa tentang mengelola sampah menjadi produk yang bernilai seni dan bernilai jual,” tutur Sugiono.

Selain fashion show, beberapa kegiatan lain juga dilakukan. Seperti lomba untuk siswa dan orang tua, serta bazaar makanan.

Meski baru berdiri tahun ini, Saleh telah banyak melancarkan inovasi. Inovasi-inovasi itu yang menjadikan sekolah di Driyorejo itu menorehkan prestasi. Salah satunya, juara 3 karnaval tingkat TK se-Kecamatan Driyorejo. Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan pada Minggu (25/8/2024) malam.

#rel/bin






 
Top