YOGYAKARTA — Rafhely Futsal Club Kota Padang mengakhiri Liga Futsal Nusantara (LFN) 2024 sebagai runner up kompetisi usai kalah melawan Kuda Laut Nusantara DKI Jakarta dalam pertandingan final di GOR Pancasila, UGM Yogyakarta, Minggu (18/8/2024).

Pada laga pamungkas itu, Rafhely FC dikalahkan Kuda Laut Nusantara 1-5 . Kedua tim yang sudah memastikan promosi ke Liga Pro 2025 ini bermain sama kuat 0-0 di babak pertama.

Di babak kedua, Rafhely FC sukses menjebol gawang Kuda Laut melalui sepakan Muhammad Nabil Abiyyu. Keunggulan Rafhely FC memicu Kuda Laut bermain lebih agresif. Usaha tersebut berhasil lewat gol Anwar.

Pertandingan kembali berjalan sengit setelah itu karena kedua tim saling jual beli serangan. Namun, skuad Rafhely FC yang gagal mempertahankan konsistensi permainan dan sering kesalahan sendiri.

Situasi ini dimanfaatkan maksimal pemain Kuda Laut. Anwar kembali menjebol gawang Rafhely yang dikawal Muhammad Alfajri. 

Tak lama berselang, gawang Rafhely FC lagi lagi kebobolan, skor menjadi 3-1. Mental pemain klub Sumatera Barat semakin runtuh. Faktor kelelahan saat bermain habis-habisan di semifinal turut mempengaruhi penampilan tim asuhan Andrian Andika.

Kuda Laut Nusantara semakin menjadi-jadi. Dua gol kembali tercipta lewat Aldi dan Ridho. Rafhely akhirnya menyerah, kedudukan akhir 5-1 menutup partai puncak Liga Futsal Nusantara 2024 untuk kemenangan klub DKI Jakarta.

“Anak anak sudah berusaha dan bekerja keras sepanjang permainan. Perjuangan mereka luar biasa karena tujuan sebenarnya promosi ke Liga Pro telah mereka wujudkan,” kata Manager sekaligus Pemilik Rafhely FC Yasman Yanusar.

Dengan begitu, Kuda Laut Nusantara menjuarai kompetisi futsal kasta kedua Indonesia dan Rafhely FC di posisi runner up. Sementara juara ketiga direbut oleh Juku Eja Sulsel yang mengalahkan Merador FC Aceh, 5-3 di perebutan tempat ketiga.

Hanya saja, Juku Eja dan Merador gagal promosi ke Liga Pro karena hanya runner up dan juara yang memiliki jatah naik kasta. 

Hasil Lengkap LFN 2024 Kategori Putera:

- Juara : Kuda Laut Nusantara DKI

- Peringkat 2: Rafhely FC Sumbar

- Peringkat 3: Juku Eja Sulsel

#adt/ede




 
Top