SMP NEGERI 2 LENGKONG di merupakan salah satu satuan pendidikan negeri jenjang sekolah menengah pertama yang berlokasi di Desa Sumbersono Kecamatan Lengkong, Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Di tengah padatnya kegiatan untuk memperingati hari ulang tahun kemerdekaan RI ke 79 tahun ini, SMP NEGERI 2 LENGKONG tetap semangat menjalankan kewajibannya yaitu melaksanakan pengimbasan program sekolah penggerak ke beberapa satuan pendidikan.

Pengimbasan sekolah penggerak salah satunya bertujuan agar transformasi kualitas pendidikan berlangsung lebih cepat dan merata ke semua sekolah untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia yaitu mewujudkan profil pelajar Pancasila.

Pada Agustus 2024 ini SMP NEGERI 2 LENGKONG telah melaksanakan dua kali pengimbasan yaitu ke SMP Islam Al Qomar Kecamatan Patianrowo dan SMPN satu atap Kecamatan Lengkong. 

SMP NEGERI 2 LENGKONG merupakan pelaksana program sekolah penggerak yang mengimplementasikan kurikulum merdeka.

Kegiatan pengimbasan dipimpin langsung oleh Kepala SMP NEGERI 2 LENGKONG Tutut Nurnaningsih, S.Pd, M.Si didampingi oleh tim pengimbasan SMP NEGERI 2 LENGKONG.

Pengimbasan ke SMP Islam Al Qomar Kecamatan Patianrowo dilaksanakan selama dua hari mulai 15 hingga 16 Agustus 2024.

Sedangkan pengimbasan ke SMPN Satu Atap Kecamatan Lengkong dilaksanakan pada 20 dan 21 Agustus 2024. 

Selain kedua sekolah tersebut SMP NEGERI 2 LENGKONG sebagai pelaksana program sekolah penggerak akan melaksanakan Pengimbasan ke salah satu SMPN di Kecamatan Jatikalen.

SMP NEGERI 2 LENGKONG menjadi role model bagi sekolah lain, khususnya sekolah terimbas dalam implementasi kurikulum merdeka. Oleh karena itulah dalam kegiatan pengimbasan ini SMP NEGERI 2 LENGKONG membagikan berbagai praktik baik yang kami laksanakan kepada sekolah terimbas.

Praktik baik atau best practice yang dibagikan tidak hanya berkaitan dengan pembelajaran dikelas namun juga berkaitan dengan bagaimana cara menumbuhkan minat membaca siswa dari berbagai aspek.

Kegiatan tidak hanya berhenti pada pengimbasan, rencananya kami juga akan mengadakan pendampingan ke sekolah terimbas. Pendampingan akan dilaksanakan satu bulan sekali.

Pada umumnya berdasarkan hasil analisis raport pendidikan banyak satuan pendidikan yang mengalami penurunan pada nilai literasi. Maka pada pengimbasan kali ini kami lebih fokus pada berbagi praktik baik terkait cara meningkatkan kemampuan literasi siswa.

Berbagai kegiatan positif dan program menarik juga tidak lupa kami bagikan kepada sekolah terimbas agar menjadi inspirasi untuk membenahi kemampuan literasi.

Pengimbasan ke beberapa sekolah ini telah meninggalkan kesan yang unik bagi tim karena salah satu sekolah yaitu SMPN Satu Atap Kecamatan Lengkong berlokasi di desa Ngepung yang berada pada koordinat garis lintang -7.6298048 dan garis bujur 111.9797421, memiliki luas 12,38km.

Medan jalan untuk menuju lokasi tersebut masih tergolong sulit dilewati karena sebagian medan jalan masih berupa jalan makadam dan berupa tanjakan karena berada di wilayah perbukitan yang dipenuhi pohon jati disepanjang jalan.

Sulitnya akses transportasi dan jauhnya jarak dari kota itulah yang menjadi tantangan tersendiri bagi tim pengimbasan dari SMP NEGERI 2 LENGKONG. Meskipun begitu, kegiatan berjalan lancar. Tim sangat semangat dan menikmati kegiatan pengimbasan ini, begitu juga para Guru di SMPN Satu Atap. Tampak dari berbagai pertanyaan yang muncul dari para Guru sekolah terimbas mengenai kendala-kendala dan hambatan yang dihadapi dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Tak lupa tim pengimbasan SMP NEGERI 2 LENGKONG mengungkapkan rasa kagum sekaligus pujian kepada para guru yang bertugas di SMPN Satu Atap.

#adv/ede




 
Top