PEKANBARU -- Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) turun ke Provinsi Riau untuk melakukan entry meeting pengawasan umum penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (Pemda) tahun 2024. Kegiatan pengawasan ini akan dilaksanakan selama 11 hari di Provinsi Riau.

Auditor Utama Itjen Kemendagri Reita Clara mengatakan, kegiatan pengawasan ini dilakukan pihaknya mulai 26 Agustus-5 September 2024 mendatang. Pihaknya berharap selama proses pengawasan tersebut, mendapatkan dukungan dari Pemprov Riau.

“Tim kami datang untuk melihat bagaimana proses penyelenggaraan Pemda. Kami akan melihat standar pelayanan minimal yang sudah ada,” katanya.

Terkait hal itu, Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri) Rahman Hadi menyambut baik kedatangan pihak Itjen Kemendagri dalam melakukan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan Pemda di Provinsi Riau.

Karena Pj Gubri menilai kegiatan tersebut dapat menjadi salah satu tolak ukur untuk mengetahui sejauh mana wujud perencanaan dan hasil akhir dari program-program yang telah diselenggarakan oleh masing-masing OPD terkait.

“Kita semua pasti berharap situasi penyelenggaraan pemerintahan kita ini transparan dan akuntabel,” sebutnya.

Untuk itu, Pj Gubri menginstruksikan kepada seluruh Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Riau agar dapat kooperatif dalam bekerja sama, dan memberikan data-data terkait yang diperlukan oleh Itjen Kemendagri dalam melakukan penilaian terhadap penyelenggaraan Pemda di Provinsi Riau.

“Seluruh OPD yang ada, saya minta tolong kooperatif kepada Tim Itjen Kemendagri. Tentu kami dari Pemprov Riau akan mensupport sepenuhnya, terkait kebutuhan-kebutuhan informasi, data maupun hal-hal yang dibutuhkan untuk pengawasan ini,” katanya.

#jpg/bin






 
Top