JAKARTA -- Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengklaim Anies Baswedan telah menerima ditinggal partainya dalam pencalonan di Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta. Paloh menyebut Anies merupakan sosok yang cukup matang untuk menerima keputusan NasDem itu.

"Tidak (kecewa), saya pilih dia cukup matang. Dia bisa menerima itu6, enggak ada masalah bagi dia,” kata Surya Paloh saat ditemui awak media di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2024).

Paloh menilai Anies memiliki potensi menjadi aset bangsa ke depan walaupun tidak meski berperan dalam panggung politik untuk lima tahun ke depan. Dia menilai bahwa tahun ini bukanlah kesempatan bagi Anies untuk menjadi calon gubernur.

"Usia (Anies) relatif muda, masih energik--sejumlah experience. Saya pikir dia adalah sebuah aset yang berarti juga untuk negeri ini. Memang bukan saat ini momentumnya," ujarnya.

Lebih lanjut, Paloh menyampaikan, Anies bisa mengambil hikmah jika batal maju di Pilkada Jakarta 2024. Dia menganggap Anies akan memperoleh peluang baru yang lebih besar dibandingkan Pilkada Jakarta.

"Saya berpesan sebagai kakak mengatakan: di balik tantangan, kesusahan, kesedihan di situ ada peluang lebih hebat,” kata dia.

Tak sampai di situ, Paloh menyebut bahwa Anies akan menjalani sekolah kehidupan jika tak jadi maju sebagai calon gubernur. "Dia belajar lebih hebat. Sekolah itu ada sekolah formal atau sekolah kehidupan. Dia sedang belajar sekolah kehidupan," ucapnya.

Surya Paloh memastikan tak bakal mengusung calon petahana Anies Baswedan di Pilgub DKI Jakarta 2024. Pernyataan itu dia sampaikan usai bertemu Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, yang mengalahkan Anies di Pilpres 2024, di Jalan Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Kamis (15/8/2024).

Surya juga mengungkapkan pesannya kepada Anies. Dia berujar telah menyampaikan sikap Partai NasDem kepada mantan Rektor Universitas Paramadina itu.

Surya menyebut Anies sebagai adiknya. "Kami sudah beri tahu Pak Anies. 'Pak Anies, Anda sebagai adik, ini bukan momen Anda untuk maju pada Pilkada Jakarta Raya'," ucap Surya menirukan pesannya kepada Anies.

Surya mengklaim bakal mencari peluang yang lebih pas untuk Anies. "Kami cari momentum yang lebih tepat. Ada pemahaman," ujar pimpinan Media Group itu.

#dtc/bin




 
Top