BENGKALIS, RIAU -- Dalam upaya mewujudkan Bengkalis Kota Layak Anak (KLA), Kelurahan Rimba Sekampung menggelar sosialisasi Sekolah Ramah Anak.

Sosialisasi dibuka langsung oleh Camat Bengkalis Taufik Hidayat, Senin (19/8/2024), bertempat di aula kantor Kelurahan Rimba Sekampung.

Taufik mengatakan, untuk membentuk sekolah ramah anak, diperlukan kerja sama dari berbagai pihak, baik pemerintah, sekolah, keluarga, maupun masyarakat agar terwujud Bengkalis Kota Layak Anak dan sesuai dengan program Pemerintah  Kabupaten Bengkalis.

"Setiap pihak memiliki perannya masing-masing untuk mewujudkan Kota Layak Anak, hal itu dapat dimulai dari kelurahan dan desa. Dalam waktu dekat ini juga, melalui dana Bermasa kami dari Kecamatan juga akan melakukan kegiatan forum anak, mudah-mudahan dapat membantu anak-anak kita untuk tumbuh dan berkembang secara optimal, baik secara fisik, mental, maupun sosial,"ucap Camat.

Selanjutnya Taufik berharap dengan kegiatan ini nantinya bisa menjadi motivasi pemerintah, stakeholder, masyarakat serta pihak sekolah yang akan melakukan program kegiatan untuk menyukseskan sekolah ramah anak.

Menurut Taufik, dengan adanya perlombaan yang dilakukan oleh pihak kelurahan ini akan mendorong keterlibatan sekolah untuk menyukseskan Kota Layak Anak serta perlindungan anak terpenuhi dengan baik.

Sementara itu, Lurah Rimba Sekampung Halimahtusadiah mengatakan, sosialisasi sekolah ramah anak ini merupakan upaya mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan anak di sekolah, melalui upaya untuk menjadikan sekolah bersih, aman, ramah, indah, inklusif, sehat, asri dan nyaman.

Selanjutnya Lurah yang lebih akrab dipanggil Ica ini juga menjelaskan, sosialisasi sekolah ramah anak ini, sebagai salah satu upaya yang dilakukan pihak Kelurahan Rimba Sekampung dengan memanfaatkan anggaran dana Bermasa dari Bupati Bengkalis.

Tambah Ica, dalam rangka menyukseskan Bengkalis Kota Layak Anak yang akan meningkatkan prestasinya lagi dari peringkat Madya naik menjadi Utama.

Lurah Rimba Sekampung juga menyebutkan bahwa pertemuan hari ini selain dalam rangka kegiatan sosialisasi, sekaligus menyampaikan kriteria lomba sekolah ramah anak yang akan diperlombakan antar sekolah tingkat SD se-Kelurahan Rimba Sekampung  yang akan digelar pada tanggal 26 Agustus 2024 mendatang.

"Kegiatan lomba ini juga, dalam rangka menyemarakkan HUT RI Ke 79,"ucap singkat Ica.

Kegiatan sosialisasi ini menghadirkan narasumber Yeni Sunarsih, Motivator Kesehatan UPT Puskesmas Bengkalis, menjelaskan tentang bagaimana budaya hidup bersih di sekolah maupun di rumah harus tetap dijaga serta pola kebersihan di lingkungan sekolah dan juga pola makanan yang sehat.

Selanjutnya Siti Nikmatul Fitri, Kepala UPT Perlindungan Perempuan dan Anak Bengkalis, menjelaskan tentang bagaimana keterlibatan semua pihak dalam memenuhi hak anak di Bengkalis, sangat diperlukan terutama pembinaan dari keluarga serta sekolah.

Selain 40 peserta juga dihadiri Kepala UPT Puskesmas Bengkalis, Dr. Rima Budiasih, Sekretaris Kelurahan, yang juga Ketua TP PKK Nadrah, Ketua LPMK, Khairul Saleh, Kasi Pemberdayaan Masyarakat Sosial Budaya Sri Hartati, Kasi Trantib Suheri, Da'i Bermasa Andrian dan Staf Kelurahan Rimba Sekampung.

#rel/ede




 
Top