JAKARTA -- Wisudawan terbaik selalu menjadi sorotan dalam wisuda di sebuah perguruan tinggi. Selain lulus tepat waktu, wisudawan terbaik pastinya mempunyai nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang tinggi.

Contohnya adalah Irma Handayani. Ia dinobatkan sebagai wisudawan terbaik program Sarjana Terapan dalam wisuda Universitas Padjadjaran (Unpad) gelombang 4 tahun akademik 2023/2024.

Wanita dengan sapaan Irma ini juga meraih IPK 3,97. Ia adalah lulusan program studi (prodi) pemasaran digital yang juga sempat menjadi penulis terpilih dalam Lomba Menulis Tingkat Nasional dan jadi Best Writer pada DBL Creator Competition.

Ini dia tips lulus tepat waktu dan Cum Laude ala Irma:

1. Pilih Tipe Belajar yang Cocok

Irma lalu memberikan tips belajar efektif dan cocok bagi mahasiswa. Menurutnya, ia bisa lulus tepat waktu dan summa cumlaude lantaran mempunyai strategi dalam mengetahui tipe belajar.

Irma berpendapat, jika sudah mengetahui tipe belajar, maka mahasiswa bisa lebih semangat. Tipe-tipe belajar yang bisa dicoba antara lain visual, audio-visual, audio, video, dan lainnya.

"Kalau tidak cocok, cari terus sampai dapat agar tidak timbul pikiran bahwa belajar itu membosankan dan menjadi beban selama kuliah," ujar Irma, dikutip dari laman Unpad, Jumat (16/8/2024).

2. Tidak Menunda Tugas

Salah satu penyakit yang banyak dialami mahasiswa yang telat lulus adalah menunda tugas. Irma menyarankan untuk rajin mencari referensi atau literatur agar bisa mengerjakan tugas dengan baik.

Jika dirasa ada yang kurang dimengerti dalam mengerjakan tugas, maka tak usah sungkan untuk bertanya kepada dosen. Hal ini tentunya dilakukan Irma dalam mengelola tugas dengan baik.

3. Totalitas dalam Mengerjakan Tugas

Tips berikutnya adalah tidak multitasking atau mengerjakan banyak hal dalam waktu bersamaan. Irma lebih senang jika sebuah tugas dikerjakan secara totalitas.

"Kalau belum bisa (mengerjakan) sesuatu harus dicoba, serta selalu usahakan yang terbaik," kata Irma.

4. Atur Kegiatan Akademik & Non-Akademik

Selama kuliah, dana pendidikan Irma dibantuk lewat beasiswa Karya Salemba Empat (KSE). Irma adalah sosok yang tak hanya serius pada hal akademik tapi juga non akademik.

Irma aktif sebagai pengurus organisasi, ikut magang mandiri, hingga mengelola bisnis di rumahnya. Hal tersebut bisa ia lakukan karena manajemen waktu yang baik.

"Manajemen waktu yang baik, mengurangi kegiatan yang kurang bermanfaat dan memaksimalkan waktu untuk selalu meng-upgrade diri," kata Irma.

Di akhir, Irma mengaku bersyukur bisa merampungkan kuliahnya dengan baik. Setelah lulus, Irma berharap bisa jadi alumni Unpad yang bermanfaat bagi banyak orang.

"Saya berharap kampus (Unpad) semakin aktif berperan dalam pengabdian masyarakat melalui program yang melibatkan mahasiswa, dosen, masyarakat sekitar untuk memberikan dampak positif yang nyata," harapnya.

#dtc/bin




 
Top