JEMBER, JATIM -- Dalam rangka KKN-KOLABORATIF #3 Pemkab Jember bekerja sama dengan mahasiswa KKN untuk mendata Anak Tidak Sekolah di Desa masing-masing. Dinas Pendidikan menyebutkan bahwa 355 anak tercatat tidak sekolah di desa Curahtakir, mulai dari tingkat SD/MI, MTS, dan SMK. 

Atas kondisi tersebut Dispendik bekerja sama dengan Pemkab Jember dalam melakukan survei Anak Tidak Sekolah (ATS).

Penerjunan mahasiswa KKN kolaboratif Jember di tahun 2024 sudah selesai dilaksanakan. Para mahasiswa membawa tugas dari pemkab, salah satunya adalah mendata ulang ATS di masing-masing wilayah penempatan kelompok. Mahasiswa diberi kesempatan untuk terjun langsung pada masyarakat dan melihat kondisi sosial di desa Curahtakir. 

Pada tanggal 1 Agustus tahun 2024, mahasiswa KKN di posko 046 Desa Curahtakir melaksanakan survei data ATS. Survei ini dilakukan dalam beberapa hari dan bertahap karena akses dan medan yang sulit dijangkau. Selain itu, kendala seperti data yang kurang akurat menyebabkan kebingungan dalam menemukan anak yang sudah terdata. 

Kelompok KKN Kolaboratif 046, setelah selesai melakukan survei terjun ke setiap dusun yang ada di Desa Curahtakir dan melakukan wawancara langsung dengan ATS yang bersangkutan. Dapat disimpulkan bahwa beberapa alasan terbanyak mengapa anak-anak yang terdata tidak melanjutkan sekolah yaitu alasan ekonomi, pernikahan dini dan memilih untuk bekerja.

Selain karena pernikahan dini, beberapa kasus yang banyak membuat anak-anak berhenti sekolah adalah karena permasalahan ekonomi yang memutuskan mereka lebih memilih bekerja untuk membantu perekonomian keluarganya dan memenuhi kebutuhannya sendiri. 

"Lebih enak kerja dapat uang daripada sekolah gak dapat apa-apa," ungkap salah seorang ATS di Dusun Krajan 2, Desa Curahtakir ketika tim melakukan survei ke kediaman yang bersangkutan. 

Sambung orang tua ATS tersebut, ''buat apa sekolah tinggi-tinggi jika nanti ujung-ujungnya korupsi?, mending kerja di sawah hasil uang yang nyata!''

Dalam upaya merubah pemikiran orang tua terhadap anak, kelompok KKN KOLABORATIF #3 2024 posko 046 melakukan kegiatan sosialisasi pentingnya pendidikan di SDN Curahtakir 04 yang dihadiri oleh siswa-siswi kelas 5 dan 6. 

Kegiatan ini bertujuan untuk memahami dan mengapresiasi peran pendidikan dalam pembentukan masa depan bangsa dan individu.

#adv/ede









 
Top