MEULABOH, ACEH -- Sebanyak 25 anggota DPRK Aceh Barat periode 2024-2029 resmi dilantik oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Meulaboh, Faridh Zuri dalam sidang paripurna di gedung dewan setempat, Senin (26/8/2024). 

Pada kesempatan itu, Nasruddin SI.Kom dari Partai Amanat Nasional (PAN) ditetapkan sebagai Ketua sementara DPRK Aceh Barat dan Azwir SP dari Partai Aceh menjadi wakil ketua sementara.

Penetapan Nasruddin dikarenakan partainya menjadi pemenang Pemilu 2024 dan dirinya menjadi peraih suara terbanyak di antara anggota DPRK terpilih dari PAN. Sedangkan Azwir SP memperoleh suara terbanyak kedua.

Nasruddin menerima palu sidang dari Ketua DPRK sebelumnya, Samsi Barmi. Penyerahan palu sidang disaksikan wakil ketua lama, Ramli SE serta wakil ketua sementara, Azwir SP.

Sementara Pj Bupati Aceh Barat, Drs Mahdi Efendi dalam sambutannya, mengapresiasi pelaksanaan Pemilu yang berjalan tertib. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan penyelenggara Pemilu sehingga terpilih anggota dewan secara demokratis.

Ia menekankan pentingnya peran DPRK dalam sistem pemerintahan daerah. Mahdi juga menyoroti tiga fungsi utama DPRK yaitu legislasi, anggaran, dan pengawasan.

"Setiap anggota DPRK memiliki tanggung jawab besar untuk memperjuangkan kepentingan publik di atas kepentingan pribadi atau golongan," ujar Mahdi sambil membacakan amanat Menteri Dalam Negeri (Mendagri). 

Mahdi juga menekankan pentingnya sinergi antara DPRK dan kepala daerah, terutama menjelang Pilkada serentak 2024. DPRK diharapkan berperan aktif dalam mengawasi dan mendukung kelancaran Pilkada, serta memastikan kebijakan yang diambil sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan mendukung pembangunan daerah.

"Kerjasama yang harmonis antara DPRK dan eksekutif sangat penting untuk memastikan aspirasi rakyat dapat terakomodir dengan baik," tambah Mahdi Efendi.

Pelantikan ini menandai dimulainya tugas baru bagi anggota DPRK, yang diharapkan dapat menjalankan fungsi pengawasan, penyusunan anggaran, dan pembentukan peraturan daerah demi kemajuan Aceh Barat.

#srb/bin




 
Top