TIM Program Kreativitas Mahasiswa - Riset Eksakta (PKM-RE) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas (FKM Unand) menciptakan minuman isotonik berbahan pangan lokal dengan nama "isotonic coco athlete". 

Tim terdiri dari Sri Purnama (Gizi 2021), Deby Febrian Efand (Gizi 2022) dan Putri Alawiyah (Gizi 2023), di bawah bimbingan Dr. Azrimaidaliza, SKM.,MKM dosen Gizi FKM Unand. 

Berkat inovasi berupa produk minuman isotonic coco athlete tersebut, tim mahasiswa ini dianugerahi insentif dari Program Kreativitas Mahasiswa - Riset Eksakta (PKM-RE) Kemdikbud Ristek Tahun 2024. 

Pada Kamis, 18 Juli 2024, Tim PKM-RE FKM Unand melakukan uji coba minuman isotonik kepada atlet sepakbola PPLP Sumatera Barat (Sumbar) di Sungai Sapih, Kuranji, Padang.


Dari sekian banyak kegiatan olahraga, yang paling banyak digemari di Indonesia yaitu sepakbola. Penduduk Indonesia dari berbagai pelosok, sangat akrab dengan olahraga satu ini.  

Prestasi atlet sepakbola Indonesia sudah mulai mengalami peningkatan. Bahkan Timnas U-23 pada 2024 ini lolos semi final piala Asia.

Memang, jauh sebelumnya, pada laga kualifikasi Piala Dunia di 2022, Timnas sempat mengalami kekalahan sebanyak dua kali. Hal itu terjadi akibat penurunan performa pemain di babak kedua. 

Kondisi inilah yang akhirnya melatarbelakangi tim PKM-RE FKM Unand membuat produk minuman isotonik dengan tujuan peningkatan daya tahan pada atlet.

Minuman isotonik ini diciptakan dengan memanfaatkan limbah pangan lokal, yaitu air kelapa tua dan bahan-bahan lainnya yang menunjang rasa dari minuman ini. 


Selain itu, harga dari bahan-bahan yang didapatkan juga murah dan diproses secara sederhana.  

Dengan inovasi ini  Sri Purnama dan kedua rekan lainnya berharap dapat memberikan solusi untuk meningkatkan daya tahan kardiovaskular pada atlet saat latihan maupun bertanding. Sehingga dapat meningkatkan prestasi dalam mengikuti ajang pertandingan.

Atlet sepakbola PPLP Sumbar sangat antusias dalam melakukan uji coba minuman. Setelah diujikan rasa, aroma dan tektsturnya, bisa diterima oleh para atlet. 

“Kami mengharapkan, minuman isotonik ini bisa memberikan dampak dan manfaat yang besar bagi para atlet di seluruh Indonesia. Selain itu, kami berharap bahwa inovasi ini dapat memberikan solusi bagi segenap institusi pendidikan keolahragaan dan klub-klub olahraga di Indonesia”, ungkap para atlet.

Tim Penulis: 

- Sri Purnama (Angkatan 2021)

- Deby Febrian Efand (Angkatan 2022)

- Putri Alawiyah (Angkatan 2023)

Mahasiswa Program Studi S1 Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Andalas






 
Top