SUSAHNYA mendapat pupuk bersubsidi menjadi permasalahan yang kerap menimpa petani kekinian. Kondisi tersebut dirasakan oleh hampir seluruh kelompok tani (keltan) di tanah air, tak terkecuali di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). 

Tampilnya sosok Nurkhalis sebagai satu-satunya representasi petani di jajaran Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) daerah pemilihan (dapil) Sumbar, menjadi tumpuan harapan petani setempat untuk lepas dari deraan permasalahan.

Di pundak Nurkhalis, Calon DPD RI dapil Sumbar nomor urut 13 pada Pemungutan Suara Ulang (PSU) DPD RI tanggal 13 Juni mendatang,  petani Sumbar menggantungkan harapan. Selain bisa terlepas dari masalah kelangkaan pupuk subsidi, mereka juga berharap ragam kemudahan lainnya. Salah satunya kemudahan mendapat bantuan bibit. 

Terkini, dukungan kuat terhadap Nurkhalis mengemuka dalam kesempatan temu ramah kandidat DPD RI asal Limapuluh Kota itu dengan  para petani dan tokoh masyarakat Nagari Tarantang, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota pada Sabtu (29/6/2024). Mereka sepakat bahkan siap menjadi garda terdepan untuk memenangkan pria yang senang mengenakan "topi caping" itu sebagai anggota DPD RI dapil Sumbar lewat PSU DPD RI tanggal 13 Juni mendatang.

“Kita siap memenangkan satu-satunya perwakilan dari petani se-Sumatera Barat. Insha Allah Nurkhalis menang, petani sejahtera” ujar Udo Padal, tokoh masyarakat setempat.

Spirit senada disampaikan Fajar, Ketua Kelompok Tani Jorong Lubuak Limpato Nagari Tarantang. "Kemenangan Nurkhalis adalah kemenangan kami para petani Sumatera Barat!," tegasnya.

Bukan tanpa sebab para petani dan tokoh masyarakat berlomba memberikan dukungan. Menilik rekam jejaknya yang sangat memahami kondisi serta romantika hidup petani, Nurkhalis yang familiar mulai kalangan elite hingga "rakyat badarai"di Sumbar diyakini amanah dan keberadaannya di DPD RI kelak diharapkan mampu menjadi penyambung aspirasi berbagai elemen masyarakat di Sumbar, termasuk memperhatikan nasib petani.

#adv/ede









 
Top