ACEHBESAR, ACEH -- Kekeringan parah hingga mendapat status Siaga Darurat tengah melanda Kecamatan Lhoknga. Setiap hari, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar bersama pihak terkait harus menyuplai air bersih untuk memenuhi kebutuhan warga.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Aceh Besar, Ridwan Jamil melalui Operator Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB), Iqbal menyampaikan, pihaknya baru saja menyalurkan air bersih terhadap 11 desa yang dilanda kekeringan di Lhoknga.

 “Hari ini saja BPBD sudah menyuplai sebanyak 11 mobil atau 49.000 liter air bersih untuk memenuhi kebutuhan warga,” kata Iqbal kepada awak media di Aceh Besar, Minggu (7/7/2024).

Selain BPBD Aceh Besar, pihak lainnya yang juga terlibat seperti PDAM Tirta Mountala, Balai Prasarana Permukiman Wilayah Aceh, LSM, Brimobda Aceh dan sejumlah pihak yang terlibat.

Sementara di sisi lainnya, pihaknya mengimbau kerja sama warga dalam menghadapi kekeringan ini, termasuk dengan tidak membuka lahan dengan cara membakar.

“Jangan bakar-bakar sembarangan, karena kondisi cuaca seperti ini mudah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla),” pungkasnya.

#sra/gia






 
Top