PADANG -- Hasil quick count Lembaga Survei SBLF Myriset menempatkan Cerint Iralloza Tasya, Muslim M Yatim, Jelita Donal dan Irman Gusman sebagai peraih suara teratas pemungutan suara ulang (PSU) DPD RI di Sumbar, Sabtu (17/3/2024).    

Direktur SBLF MYriset Edo Andrefson menyebutkan bahwa survei dilakukan pihaknya di 800 TPS PSU DPD RI di Sumbar dengan margin of error sebesar 3.1%.

Hasil QC telah masuk 100% menunjukkan empat calon teratas dalam PSU DPD RI yakni Cerint 18.18%, Muslim M Yatim 16.74%, Jelita Donal 13.7%, dan Irman Gusman 11.87%.

Hasil QC ini mengubah peta calon DPD terpilih pada Februari lalu, dengan Muslim M Yatim naik peringkat ke posisi kedua, menggantikan Emma Yohanna yang tersingkir dan digantikan oleh Irman Gusman.

Elektabilitas Irman Gusman unggul tipis atas calon DPD lainnya yang berada di peringkat lima dan enam.

Menurut Edo, keunggulan Muslim M Yatim di lapangan karena dukungan kader PKS yang solid serta dukungan masyarakat luas yang merasakan kiprahnya selama satu periode.

"Untuk Irman Gusman yang bisa finish di posisi keempat, dukungan ormas Muhammadiyah sangat signifikan, ditambah dukungan elite dari elemen LKAAM, Bundo Kanduang, dan tokoh lainnya," tambah Edo.

Hasil Quick Count ini memberikan gambaran awal tentang calon DPD RI yang akan terpilih. Namun hasil resmi tetap menunggu pengumuman dari KPU.

Sebagaimana diketahui bahwa PSU DPD RI di Sumbar digelar di 17 ribu-an TPS di Sumbar dan diikuti 16 calon anggota DPD RI ini. PSU DPD RI digelar setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memenangkan gugatan Irman Gusman karena namanya dicoret dari DPT dan membatalkan hasil Pemilu DPD RI pada 14 Februari 2024.

#pdk/bin





 
Top