HEDWIG Eva Maria Kiesler adalah orang pertama yang memperkenalkan ide komunikasi spektrum nirkabel. Ia juga aktris cantik sekaligus matematikawan kelas dunia, namun Hedwig Eva Maria Kiesler lebih dikenal sebagai Hedy Lamarr. 

Hedy Lamarr adalah warga Wina keturunan Yahudi yang bersemangat tentang teknologi dan dengan panggilan untuk teater dan bioskop. 

Ketika berusia 12 tahun, Hedy Lamarr memenangkan kontes kecantikan di Wina, maka tidak heran jika dia disebut wanita paling cantik di dunia pada masa itu. 

Menjadi bintang Hollywood, si rambut cokelat ini juga membintangi beberapa film bersama Spencer Tracy atau Clark Gable. Siapa sangka ia juga seorang insinyur komunikasi yang luar biasa, yang mampu menciptakan dan mematenkan sistem kontrol jarak jauh rudal.

Berawal ketika George Antheil tetangganya yang komponis bereksperimen dengan pengendalian instumen musik secara otomatis.

Hedy Lamarr memperkenalkan idenya ke Antheil dan bersama-sama mengirimkan ide sistem komunikasi rahasia tersebut pada bulan Juni 1941 . 

Penemuan dari spektrum sebar pindah frekuensi atau frequency-hopping spread spectrum dipatenkan pada tahun 1942. 

Tapi Departemen Pertahanan AS awalnya menolak dan tidak menerima teknologi ini sampai tahun 1960-an, selama krisis rudal Kuba.

Pada tahun 1962 ide Hedy Lamarr mulai diterapkan pada kapal militer AS, lalu 1997 baru diketahui publik dan dibeli perusahaan swasta nirkabel untuk dikembangkan. 

Penemuan cerdik Hedy Lamarr telah menjadi landasan bagi teknologi komunikasi spektrum sebar masa kini, seperti Bluetooth, COFDM yang dipakai oleh koneksi jaringan Wi-Fi dan CDMA pada telepon nirkabel.

Setelah ia meninggal, namanya masuk ke dalam daftar penemu berpengaruh sebagai anugerah dari National Inventors Hall of Fame. 

So, ketika kita pada saat ini bisa menghubungkan jaringan nirkabel ke ponsel, PC atau dari tablet ke interner bahkan bisa nebeng Wi-Fi di tetangga tanpa beli paket data, itu semua karena jasa si cantik Hedy Lamarr ini! 

#red






 
Top