PADANG – Prof. Dr. Ir. Nasfryzal Carlo, M.Sc., CSP., IPU resmi dilantik sebagai Ketua Dewan Pengurus Daerah Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas Republik Indonesia Provinsi Sumatera Barat (DPD IKAL Sumbar) masa bakti 2024-2029. 

Pelantikan Nasfryzal Carlo sebagai Ketua berikut Dr. Jonni Mardizal, MM., CSE sebagai Sekretaris dan Dr. Febby Salam, S.Par., M.Par sebagai Ketua Harian DPD IKAL Sumbar dilakukan secara daring dari Jakarta oleh Ketua Umum (Ketum) DPP IKAL - Lemhannas RI Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar, disaksikan oleh Waketum II  Komjenpol (P) Togar M Sianipar, Dr. dr. Ulla Nuchrawati, Mayjen TNI (P) Dr. Bimo Prakoso PSC.MA.MSc serta pengurus pusat lainnya.

Alumnus PPSA XXI itu terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Daerah (Musda) I DPD IKAL Sumbar yang digelar di Hotel Trumtum Padang, Jumat (26/7/2024).

Sementara dari DPP IKAL - Lemhannas RI yang hadir langsung dalam acara pelantikan di Padang adalah Sekjen Marsekal Madya TNI (Purn) Daryatmo dan Wakil Sekjen, Dr. Lucky Ali Moerfiqin.

Turut hadir dalam momen Musda yang menjadi ajang penting dalam menentukan kepemimpinan dan arah organisasi IKAL Sumbar ke depan tersebut alumni dari berbagai program pendidikan Lemhannas, termasuk Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA), Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA), Program Pemantapan Pimpinan Daerah Angkatan (P3DA) dan Pemantapan Nilai Kebangsaan (Taplai). 

Selain pemilihan ketua, Musda juga diisi dengan seminar kebangsaan bertema “IKAL Lemhannas Sebagai Katalisator Keutuhan Bangsa, Memperkuat Budaya Lokal Untuk Mengatasi Abrasi Kebangsaan”.

Hadir dalam kegiatan tersebut Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, MP, Deputi Pengkajian Strategik Lemhannas RI, yang mewakili Plt Gubernur Lemhannas RI. Beberapa narasumber, termasuk drh. Erinaldi, MM (alumni Lemhannas PPRA LX/2020) dan Dr. Yuliza Yunus, turut berbagi pandangan dalam seminar yang dibuka oleh Gubernur Sumbar.

Sebelumnya, Musda ini menampilkan dua kandidat kuat untuk posisi ketua: Prof. Carlo dan DR. Febby Datuk Bangso, keduanya tokoh terkemuka dengan rekam jejak yang mengesankan, baik dalam skala Sumbar maupun nasional. Meskipun persaingan ketat, namun dengan berbagai pertimbangan alkhirnya Febby secara legowo mengundurkan diri dari ajang pemilihan ketua sehingga memungkinkan Prof. Carlo terpilih secara aklamasi.

Dalam pidatonya, Prof. Carlo menyampaikan visinya untuk memperkuat budaya lokal sebagai langkah menjaga keutuhan bangsa.

"Indonesia terdiri dari berbagai suku dan budaya dari Sabang sampai Merauke yang harusnya saling menyatukan menjadi ikatan yang kuat bagi NKRI,” ujarnya.

Dalam paparannya Carlo juga mengatakan akan mengangkat isu kearifan lokal sebagai katalisator keutuhan bangsa karena disinyalir saat ini kearifan lokal yang tergerus dengan kemajuan zaman.

Ia menyoroti soal dampak buruk akibat dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

"Nilai-nilai luhur Pancasila tergerus karena generasi muda lebih mudah mengambil nilai-nilai yang ada dalam gadget mereka," ujar Carlo.

Ketua Umum DPP IKAL RI, Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar, usai melantik pengurus terpilih secara virtual, menekankan peran strategis IKAL Lemhannas dalam memberikan masukan kepada pemerintah.

“Beri masukan positif dan solusi kepada Presiden di tingkat pusat dan Gubernur di daerah, jangan ragu-ragu sepanjang semuanya demi kepentingan bangsa dan negara,” tegas Agum.

Ia berharap, IKAL RI secara nasional hendaknya berperan dan sekaligus menjadi garda paling depan dalam menyelesaikan masalah kebangsaan.

Diharapkan juga, setiap DPD IKAL memberikan masukan positif dan solutif kepada Presiden di tingkat pusat dan Gubernur di daerah.

Jika untuk kepentingan bangsa dan negara, para anggota DPD IKAL diminta untuk ragu-ragu dalam bertindak.

Kepada seluruh pengurus, Agum menegaskan dan menitipkan nama baik IKAL RI sebagai organisasi intelektual yang prestisius, berkarakter pejuang dan berperilaku sebagai negarawan.

Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar, Dr. Audy Joinaldy, menyatakan keyakinannya bahwa DPD IKAL Sumbar mampu berkontribusi dalam mengatasi masalah sosial di daerah , kelemahan mental generasi muda dan lain-lain, termasuk tawuran anak dan narkoba.

"Tawuran anak yang terjadi saat ini pada anak level SMP, ini perlu dicari penyebab dan solusinya yang sesuai karena mereka masih di bawah umur,” kata Audy.

Pelantikan ini juga disaksikan oleh pejabat dan tokoh penting lainnya, termasuk Komjenpol (P) Togar M Sianipar, Dr.dr. Ulla Nuchrawati, Mayjen TNI (P) Dr. Bimo Prakoso PSC.MA.MSc, serta Marsekal Madya TNI (Purn) Daryatmo dan Dr. Lucky Ali Moerpiqin. 

Komposisi Pengurus Terpilih DPD IKAL Sumbar 2024-2029:

– Ketua Umum: Prof. Dr. Ir. Nasfryzal Carlo, M.Sc., CSP., IPU.

– Ketua Harian: Dr. Febby Salam, S.Par., M.Par.

– Sekretaris Umum: Dr. Jonni Mardizal, MM, CSE.

– Bendahara: Dr. Novelti, M.Hum

#ede











 
Top