ACEHBARAT, ACEH -- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Aceh Barat mengadakan uji sertifikasi tenaga konstruksi. Kegiatan yang diikuti 30 perserta ini berlangsung di aula Dinas Perkim, Sabtu (2/6/2024) kemarin. 

Kepala Dinas PUPR Aceh Barat Kurdi, mengatakan, uji sertifikasi tenaga konstruksi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi dalam perencanaan dan perancangan di sektor jasa konstruksi. 

"Balai Jasa Konstruksi Wilayah 1 yang memfasilitasi ujian sertifikasi tenaga konstruksi jenjang 5 dan 6 untuk gedung dan jalan di Aceh Barat," ujar Kurdi, Minggu (23/6/2024).

Kurdi menjelaskan, ada empat ujian jabatan kerja sertifikasi yang dilaksanakan tersebut, pertama pelaksana lapangan pekerjaan gedung Madya (jenjang V), kedua manajer lapangan pelaksana pekerjaan gedung (jenjang (VI). 

Ketiga pelaksana lapangan pekerjaan jalan Madya (jenjang V), dan Pengawas lapangan pekerjaan jalan utama (jenjang VI).

Ia menyebut, melalui kegiatan itu akan menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga konstruksi yang semakin baik kompetensinya. Sehingga dapat memberikan hasil kegiatan konstruksi yang tepat waktu dan mutu. 

"Tentu lanjutan ujian ini akan terus kita lakukan untuk memenuhi tenaga konstruksi yang bersertifikat di Aceh Barat," sebut Kurdi.

Para pelaku pelaksana jasa konstruksi diharapkan lulus sertifikasi nantinya agar dapat menyajikan produk infrastruktur yang berkualitas dan profesional dan tahan lama.

#ajn/gia





 
Top