JAKARTA --  Acara perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-45 Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) yang diselenggarakan di Hotel Sultan Jakarta Selatan (Jaksel) pada Kamis (20/6/2024) lalu, menjadi momen membanggakan sekaligus pemantik semangat bagi Ir. H. Afmi Yarsi selaku Ketua Dewan Pengurus Provinsi (DPP) INKINDO Sumatera Barat (Sumbar) untuk menjadi lebih eksis, berbuat dan bekerja lebih baik lagi ke depannya. 

Dalam momen perayaan HUT yang dirangkai dengan Rapat Koordinasi Pimpinan Nasional (Rakorpimnas) INKINDO tersebut, DPP INKINDO Sumbar yang ia pimpin meraih penghargaan sebagai DPP terbaik dengan anggota di bawah 100 orang. Plakat penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional (DPN) INKINDO, Ir. Erie Heryadi.

Afmi Yarsi mengungkapkan rasa syukur atas raihan penghargaan tersebut. Pihaknya siap menjadikan DPP INKINDO Sumbar sebagai media berkembangnya peran aktif para konsultan dalam peningkatan kualitas sumber daya jasa konstruksi di Indonesia. 

"Kami sependapat dengan apa yang ditekankan oleh Bapak Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bahwa peran konsultan sangat penting dalam memenuhi aspek-aspek pembangunan infrastruktur ke depan, yakni aspek peningkatan kualitas, estetika, dan keberlanjutan lingkungan," ujarnya.

Untuk itu ia bersama jajaran DPP INKINDO Sumbar kommit untuk mengawal terlaksananya secara baik 3 hal utama di pekerjaan konstruksi. Pertama, kualitas. Kedua, estetika. Ketiga, environmental sustainability atau keberlanjutan lingkungan. 

Afmi Yarsi juga menyatakan akan terus menjaga nama besar INKINDO sebagai asosiasi terbesar jasa konsultansi yang memiliki peran penting dalam mengembangkan kemampuan anggotanya termasuk dalam kemampuan memberikan layanan jasa konsultansi yang andal. 

"Kami akan secara tegas menjaga agar tidak terjadi praktik cost overrun atau pembengkakan biaya pembangunan infrastruktur dengan sengaja," tekadnya.

Selaku orang nomor satu di jajaran DPP INKINDO Sumbar, Afmi Yarsi akan fokus kepada upaya mencetak para engineer yang berintegritas. Tidak hanya pintar secara akademik, tetapi juga memiliki integritas. 

Mengingat pembangunan infrastruktur menjadi bagian penting dalam mendukung tercapainya Visi Indonesia Emas 2045 untuk mewujudkan Indonesia berdaulat, maju, adil dan makmur, pihaknya siap seiring sejalan dengan segenap stakeholders di Provinsi Sumbar untuk mensukseskan program pembangunan infrastruktur. Termasuk penyediaan air dan sanitasi yang masih menjadi prioritas Kementerian PUPR dalam upaya pemenuhan akses terhadap air minum layak dan sanitasi. 

"Selaku mitra strategis pemerintah, tentunya kami DPP INKINDO Sumatera Barat akan terus berperan aktif dalam meningkatkan kinerja industri jasa konstruksi, salah satunya meningkatkan daya saing jasa konsultan dan menciptakan iklim persaingan usaha yang sehat di sektor jasa konstruksi,” ungkap Afmi Yarsi.

Sementara itu, Zulfan Zain selaku Ketua Dewan Kehormatan DPP INKINDO Sumbar mengucapkan selamat kepada Afmi Yarsi beserta jajaran yang telah meraih penghargaan terbaik dengan jumlah anggota di bawah 100 orang. 

"Semoga bisa menjadi lebih baik lagi dan dapat terus bermitra dengan pemerintah dan swasta dalam pembangunan Indonesia ke depannya," ungkapnya. 

Acara perayaan HUT ke-45 INKINDO, selain menjadi ajang temu silaturahmi antar jajaran DPP Inkindo se-Indonesia juga dihadiri  Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Konstruksi Kementerian PUPR Rachman Arief Dienaputra, Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Herry Trisaputra Zuna dan segenap jajaran DPN INKINDO di Jakarta.

#ede





 
Top