PADANG -- Asosiasi Futsal Daerah (AFD) Sumatera Barat (Sumbar) akan menggelar Kursus Pelatih Futsal Level 1 Nasional dan Asian Football Confederation (AFC). Dijadwalkan kursus pelatih tersebut  dilaksanakan dalam rentang waktu 21 Agustus sampai 3 September 2024.

Anggota EXCO AFD Sumbar Edo Wiradana, mengungkapkan, sejak dibukanya pendaftaran pada 7 Juni lalu, hingga saat ini telah terdata sebanyak 21 peserta kursus pelatih futsal level satu nasional. Selain berasal dari daerah kabupaten/kota di Sumbar, peserta juga datang dari luar di antaranya Bengkulu, Riau, Sumatera Selatan dan Jawa Barat.

Sedangkan untuk kategori pelatih level satu AFC telah mendaftar sembilan peserta dari Sumbar dan provinsi tetangga seperti Riau serta Sumatera Selatan. 

“Kursus pelatih futsal ini  kita laksanakan untuk level satu nasional mulai 21 sampai 27, sedangkan untuk wasit satu AFC pada 29 Agustus hingga 3 September 2024,” ujarnya kepada awak media di Padang, Kamis (27/6/2024).

Edo Wiradana menjelaskan, sesuai jumlah kuota peserta untuk level satu nasional sebanyak 30 peserta. Menjelang penutupan pendaftaran pihaknya masih menunggu kekurangan sembilan peserta. Sedangkan untuk wasit level satu AFC sebelas peserta.

“Mudah-mudahan atlet, mantan pemain dan pelatih yang mau upgrade tentang ilmu kepelatihannya dapat mendaftarkan diri. Kesempatan ini sangat jarang dilaksanakan di Kota Padang,” kata Edo yang juga wasit FIFA tahun 2013.

Edo Wiradana menambahkan,di antara sejumlah nama yang menyatakan ikut dalam kursus pelatih, untuk level satu nasional ada Surya Pratama dari  Payakumbuh, Dandi Laksana dari Padang, Redi Boy Andrian dari Asahan, Alan Ansyari Pratama Lubis dari Siantar,  Andriko Dharmasraya, Sepri Reski dari Padang, Rada Rahimi dari Agam, Sabaruddin dari Muko Muko Bengkulu serta Rahmad Hidayat dari Sukabumi Jawa Barat.

Sementara untuk wasit level satu AFC ada Abdul Khalik dari Padang, Dudi Eka dari Pelelawan Riau, Amal Alam Praguna dari Lubuk Linggau Sumsel, Abdul Khalik dari Sumbar, Angga dari Pekanbaru dan Eko Prayogo dari Pali. 

“Adapun untuk instruktur kami datangkan dari PSSI pusat, namun untuk namanya masih menunggu arahan selanjutnya,” katanya.

#rri/ede





 
Top