JAKARTA — Jurusan kuliah Teknik Energi Terbarukan merupakan ilmu yang mempelajari tentang energi yang berasal dari sumber daya alam (SDA) dan energi tersebut dapat diperbaharui secara berkelanjutan.

Pada jurusan kuliah Teknik Energi Terbarukan ini terdapat beberapa prospek kerja di antaranya yakni kontraktor sampai insinyur energi.

Energi terbarukan bisa berasal dari air, angin, panas bumi, matahari, dan biomassa yang diandalkan untuk masa depan manusia. Lalu, apa saja prospek kerja dari jurusan kuliah Teknik Energi Terbarukan?

Berikut jurusan kuliah Teknik Energi Terbarukan: 

1. Insinyur Energi

Peluang terbesar untuk lulusan Teknik Energi Terbarukan adalah menjadi insinyur di berbagai perusahaan swasta besar. Insinyur energi bertanggung jawab menghitung kebutuhan industri, pengoperasian, menyusun jadwal, melakukan pengawasan, dan masih banyak lagi.

2. Staf Kementerian

Pekerjaan yang kedua adalah menjadi staf Kementerian, terutama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Tanggung jawab staf Kementerian ESDM adalah mengawasi energi yang sudah ada sekaligus mengembangkan energi terbarukan untuk dimanfaatkan masyarakat.

3. Pimpinan Proyek

Di Indonesia, banyak proyek-proyek di bidang energi. Sebagai lulusan Teknik Energi Terbarukan, peluang besar untuk menjadi pimpinan proyek sangat terbuka. Tugasnya adalah mengatur pekerjaan dan memastikan proyek berjalan lancar sesuai jadwal yang ditentukan.

4. Konsultan Energi

Profesi berikutnya adalah konsultan energi. Tugas konsultan energi adalah membuat desain dan perencanaan sesuai lingkup kerja yang diperlukan agar proyek bisa berjalan lancar.

5. Kontraktor

Lulusan jurusan Teknik Energi Terbarukan juga bisa menjadi kontraktor di berbagai perusahaan kontraktor ternama di Indonesia. Tugas utama seorang kontraktor adalah bertanggung jawab mengenai sarana dan metode untuk menjalankan proyek konstruksi yang sukses, mulai dari pengadaan barang atau material sampai tenaga kerja.

6. Peneliti Energi Listrik

Lulusan juga bisa menjadi peneliti energi listrik yang bertanggung jawab melakukan penelitian dan mengembangkan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan energi listrik.

7. Ahli Rekayasa Energi

Menjadi ahli rekayasa energi adalah pilihan lainnya. Tugasnya merancang, mengembangkan, serta mengevaluasi semua proyek yang berkaitan dengan energi untuk menghemat biaya dan meningkatkan efisiensi energi.

8. Manajer Energi

Di era sekarang ini, dibutuhkan lulusan Teknik Energi Terbarukan untuk mengisi jabatan manajer energi. Tugas utamanya adalah melakukan analisis, membuat perencanaan, dan menjalankan strategi untuk mengoptimalkan penggunaan energi serta mencapai efisiensi.

9. Auditor Energi

Jabatan auditor energi juga bisa menjadi pilihan tepat. Seorang auditor energi berperan dalam melakukan upaya peningkatan efisiensi melalui proses evaluasi dan identifikasi peluang dalam penghemat energi.

10. Pengusaha Energi Terbarukan

Para lulusan Teknik Energi Terbarukan juga berpeluang menjadi pengusaha energi terbarukan. Dengan semakin banyak industri yang bergerak di bidang energi terbarukan, maka akan semakin cepat mencapai ekonomi hijau di Indonesia. Selain itu, banyaknya pelaku bisnis energi terbarukan akan menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat luas.

Itulah 10 prospek kerja untuk lulusan jurusan Teknik Energi Terbarukan. Kira-kira kamu ingin menjadi yang mana?

#bin




 
Top