JAKARTA -- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI akan kembali menyelenggarakan ajang kurasi dan business matching produk UMKM yakni UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR.

Lewat program pemberdayaan yang diadakan sejak 2019 ini, UMKM di Indonesia semakin berpeluang masuk pasar internasional. Pasalnya, UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR membuka akses UMKM dengan mempertemukan potensial buyer dari luar negeri.

BACA JUGA: BRI RO Padang Gelar Pound Fit BRImo FSTVL Bareng Orenji!

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan bahwa terjadi peningkatan 168% jumlah UMKM pendaftar BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tercatat 3.183 UMKM melakukan pendaftaran melalui website brilianpreneur.com.

Adapun setelah menjalani kurasi, terpilih 500 pelaku UMKM yang dihadirkan pada showcase di acara BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023. Acara ini akan dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada 7- 10 Desember 2023.

Melalui proses kurasi, Sunarso melanjutkan bahwa pelaku UMKM akan lebih percaya diri saat bertemu dengan potensial buyer dari luar negeri. Selain itu, calon pembeli pun dapat lebih tertarik dengan produk yang ditawarkan karena telah melewati quality control yang terstandardisasi.

KEPINGIN Gabung Jadi Biro Perwakilan Sumatrazone di Wilayah Anda? Dapatkan Aneka Fasilitasnya! Hubungi Kami via WA: +6283181675398. SYARAT RINGAN, QUOTA TERBATAS!

"Peran dari proses kurasi ini cukup besar, bahkan sangat besar untuk bagaimana menjadi quality control. Supaya barang-barang kita itu kompetitif, layak, dan laku di luar negeri," jelasnya dikutip Senin (4/12/2023).

Melalui BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, perseroan akan memfasilitasi dan memberikan akses pendanaan kepada pelaku UMKM yang membutuhkan modal untuk go global. BRI pun memberikan pendampingan sehingga pelaku UMKM dapat menjaga semangat entrepreneurship-nya.

Adapun pendampingan tersebut meliputi edukasi terkait administrasi manajemen yang baikdanedukasi pelaku UMKM untuk memiliki akses ke pasar.Dalam hal ini pelaku UMKM menjamin kualitas produknya agar memiliki akses ke pasar.

"Kemudian akses informasi. Dan yang berikutnya adalah kita mesti ajarkan kepada mereka tentang bagaimana tata kelola berbisnis. Good corporate governance principle itu harus dijalankan," lanjutnya.

Menurut Sunarso, salah satu yang terpenting dalam pemberdayaan dan pembinaan pelaku UMKM di BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR adalah edukasi konsep sustainability. Dalam konteks ini adalah sustainability bisnis dan sustainability lingkungan.

BACA JUGA: Songsong Hakordia, Riau Tuan Rumah Perdana Munas Penyuluh Anti Korupsi

Dalam kesempatan yang sama, Lead Kurator UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 Diana Nazir menjelaskan untuk lolos proses kurasi, setiap UMKM harus memiliki identitas yang jelas. Kemudian, tim kurasi yang terdiri dari 9 kurator profesional dengan latar belakang berbeda akan mengecek kualitas produk UMKM dengan standar tinggi yang sudah ditetapkan.

Diana pun mengatakan, dalam proses kurasi selalu menemukan keunikan yang berbeda setiap tahunnya.

"Jadi,ini sangat luar biasa, karena berlapis-lapis proses kurasinya. Mudah-mudahan di ujungnya kita mendapatkan yang terbaik, dan mendapatkan transaksi yang luar biasa," ujarnya.

Sebagai gambaran, BRI terus mendorong perkembangan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR untuk membawa pelaku UMKM naik kelas. Pada 2019 hanya 7 negara yang terlibat dan pada 2020 menjadi 11 negara. Sedangkan pada 2021 melibatkan 14 negara dan pada 2022 sebanyak 20 negara. Adapun untuk tahun ini melibatkan 25 negara.

Nilai kontrak melalui business matching di ajang BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR pun terus naik. Pada 2019 hanya US$33,5 juta dan pada 2020 menjadi US$57,5 juta.

Kemudian pada 2021 sebesar US$72,1 juta dan menjadi sangat menarik karena BRILIANPRENEUR dilakukan secara virtual akibat pandemi Covid-19. Sedangkan pada 2022 lalu nilainya mencapai US$ 76,7 juta, dan di tahun 2023 BRI menargetkan sebesar US$ 80 juta.

Dalam UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023, BRI mengajak 700 UMKM terkurasi. Sebanyak 378 UMKM di antaranya adalah pendaftar baru, 122 UMKM alumni UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, 6 UMKM binaan Perusahaan Anak seperti Pegadaian, PNM, dan BRI Ventures, 153 UMKM Local Heroes yang telah menjadi market leader dengan harapan dapat memperluas impact bisnis dan terkoneksi untuk berkolaborasi kepada UMKM lainnya. Kemudian 32 UMKM member Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI), 9 UMKM SMExcellence binaan Kementerian Koperasi & UKM. 

Terdapat lima kategori UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR tahun ini yang dapat berpartisipasi yakni Home Decor & Craft, Food & Beverage, Accessories & Beauty, dan Fashion & Wastra, serta Healthcare/Wellness.

#rel/ede





 
Top