SOLSEL, SUMBAR --  Oknum pejabat di Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kabupaten Solok Selatan (Solsel) jadi buruan polisi dalam kasus dugaan penipuan terhadap beberapa orang. 

Informasi yang berhasil dihimpun www.sumatrazone.co.id, menyebutkan, oknum ASN berinisial RB diduga melakukan aksi penipuan dengan mengatasnamakan proyek pengadaan di DPKPP Solsel, lantas ia meminjam uang kepada para korban. 

BACA JUGA: Kemungkinan Bertambah, Kini 3 Orang Resmi Tersangka Korupsi Proyek Swakelola Dinas PUPR Mentawai 2020

Kasat Reskrim Polres Solsel, Iptu Sudirman, menjawab konfirmasi awak media, Jumat (10/11/2023), membenarkan adanya laporan tindak pidana penipuan yang diduga dilakukan oknum pejabat DPKPP Solsel inisial RB terhadap beberapa orang. 

"Melarikan diri pelakunya dan masih dalam pengejaran," ungkapnya. 

Pada sisi lain, Kepala DPKPP Solsel,  Nurhayati yang dikonfirmasi terpisah menyatakan bahwa anak buahnya tersebut sudah dua bulan tidak masuk kerja dan telah diberikan teguran. Akan tetapi, teguran pertama hingga ketiga tidak digubris. RB tetap saja mangkir. Terakhir, pihaknya telah melaporkan RB ke Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPKSDM) Solsel terkait pelanggaran disiplin ASN. 

Ihwal laporan dugaan penipuan atas RB, menurut Nurhayati pihaknya juga sudah mengetahuinya. 

"Diduga RB melakukan penipuan terhadap beberapa orang. Sudah ada korban yang melaporkan ke kepolisian karena merasa dirugikan secara materi," katanya.

Menurut Nurhayati, diduga oknum pejabat bersangkutan mengatasnamakan pengadaan di DPKPP Solok Selatan lalu meminjam uang kepada korban.

"Tapi dia tidak melibatkan DPKPP dan meminjam itu atas nama pribadinya. Dia sendiri yang tandatangan. Saya tidak mengetahui. Sekarang keberadaannya tidak diketahui," ungkapnya.

Bakal Disidang MPP

Selain itu, saat ini guna menindaklanjuti surat rekomendasi yang disampaikan oleh DPKPP Solsel, yakni surat Nomor: 520/1091/DPKPP-SS/2023 tanggal 20 Oktober 2023 tentang pelanggaran disiplin Aparatur Sipil Negara (ASN), BPKSDM Solsel akan menggelar sidang MPP terhadap pejabat yang bersangkutan.

BACA JUGA: Diperiksa KPK 6,5 Jam, Ahok: Jadi saksi buat masalah Ibu Karen! 

"Kami sudah menerima surat rekomendasi dari DPKPP terkait tindak lanjut pelanggaran disiplin ASN yang dilaporkan," ungkap Kabid Perencanaan dan Pembinaan Aparatur BKPSDM Solsel, Deswita Elvina.

Ia mengaku jika saat ini BKPSDM Solok Selatan tengah proses pembentukan tim pemeriksa.

"Sekarang proses pembentukan tim pemeriksa dugaan pelanggaran disiplin, untuk selanjutnya akan dilakukan sidang MPP," pungkasnya.

#tim






 
Top