PEKANBARU -- Kegiatan revitalisasi Pasar Palapa di jalan Durian, Kelurahan Labuh Baru Timur, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, jadi sorotan tajam! Kegiatan fisik berpagu Rp3 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (DAK Kemendag RI) itu terkesan asal jadi. 

BACA JUGA: Kasus Penipuan, Oknum Pejabat di Solok Selatan Diburu Polisi! 

Ironisnya, serahterima pasar tersebut kepada pengelola/pedagang dijadwalkan dilaksanakan pada hari ini, Sabtu (11/11/2023) ini. 

Kondisi ihwal revitalisasi Pasar Palapa terindikasi tak maksimal mengemuka setelah baru-baru ini sejumlah pedagang melontarkan keluhan. 

Keluhan para pedagang jadi atensi Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Pemuda Tri Karya (PETIR). Setelah memantau langsung ke objek keluhan, pihak lembaga sawadaya masyarakat (LSM) ini menemukan sederet item pekerjaan revitalisasi Pasar Palapa yang pengerjaannya tidak maksimal atau terindikasi "asal jadi".

Atas dasar sederet temuan tersebut, dalam waktu dekat DPN PETIR akan melaporkan kepada pihak penegak hukum.

Ketua Umum (Ketum) PETIR, Jackson Sihombing, kepada awak media di Pekanbaru, Jumat (10/11/2023), membeberkan, dalam kegiatan revitalisasi Pasar Palapa Pekanbaru pihaknya menemukan pekerjaan parit atau drainase untuk pembuangan belum selesai. Kemudian, pekerjaan selasar belakang bangunan tidak selesai dan terkesan asal jadi. Ada lagi pekerjaan balok pondasi tidak seluruhnya selesai dan terlihat masih berantakan.

f: dok.petir
DPN PETIR juga mengungkap temuan bahwa beberapa pekerjaan seperti pembuatan tangga masuk di depan gedung diduga tidak dikerjakan. Terlihat juga pemasangan keramik lantai, baik tempat pedagang maupun jalan terlihat tidak baik dan diduga menggunakan keramik kualitas terendah.

"Padahal, menurut informasi yang kami terima, bahwa pada hari Sabtu besok (hari ini-red) pasar tersebut akan diserahkan langsung kepada pengelola/pedagang, sementara pekerjaannya belum rampung keseluruhannya," pungkasnya. 

BACA JUGA: Mantan Kadis dan Pejabat PUPR Mentawai Resmi Tersangka Korupsi.. 

Diketahui, kegiatan revitalisasi Pasar Palapa Pekanbaru dikerjakan berdasarkan kontrak nomor : 67/DPP-1/SMPK-TP/APBN/67/2023 tertanggal 19 Juni 2023 dan nilai anggaran Rp2.791.647.140 dengan kontraktor pelaksana CV Jaya Hoky Sejahtera. Dikatakan Jackson, anggaran revitalisasi Pasar Palapa ini berasal dari Kementerian Perdagangan RI. Anggaran revitalisasi sebesar Rp3 miliar dari DAK Kwmendag RI dicairkan secara bertahap oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pekanbaru.

#tim






 
Top