JAKARTA -- Kementerian Sosial (Kemensos) merilis tema dan logo Hari Pahlawan 2023. Diketahui, Hari Pahlawan diperingati setiap tahun pada tanggal 10 November.

Selain itu, pemerintah juga telah menetapkan tanggal 10 November sebagai libur nasional untuk memperingati Hari Pahlawan. 

Berikut serba-serbi Hari Pahlawan 2023.

Tema Hari Pahlawan 2023

Kemensos telah mengumumkan tema peringatan Hari Pahlawan 2023. Dilansir situs resmi Kemensos, tema Hari Pahlawan 2023 adalah "Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan".

#ORDER Iklan Ucapan Selamat HARI PAHLAWAN 10 November 2023? Silakan Hubungi Kami via WA: +6283181675398.

BERSAMA KITA KOBARKAN "SEMANGAT PAHLAWAN untuk MASA DEPAN BANGSA dalam MEMERANGI KEMISKINAN dan KEBODOHAN! ".

Tema tahun ini mengajak kita untuk merenungkan peran pahlawan-pahlawan dalam memandu kita menuju masa depan yang lebih baik. Mereka tidak hanya berjuang untuk kemerdekaan fisik, tetapi juga untuk kemerdekaan intelektual dan ekonomi.

Hari Pahlawan tidak hanya diingat setiap tanggal 10 November, melainkan lebih dari pada itu yakni tentang bagaimana menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi sekarang untuk mengisi kemerdekaan. Maksudnya, setiap insan masyarakat Indonesia harus memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk membangun negeri sesuai dengan potensi dan profesi masing-masing yang perlu terus dipertahankan oleh kita semua dalam rangka mengenang para pahlawan.

Logo Hari Pahlawan 2023

Logo Hari Pahlawan 2023 sangat sarat akan nuansa Indonesia. Desain warnanya mengikuti bendera Indonesia, yakni berwarna merah dan putih.

Logo tersebut bukanlah sebatas visual atau pajangan semata. Tiap komponennya mengandung makna filosofis yang inspiratif

Filosofi Logo Hari Pahlawan 2023: 

Tema Hari Pahlawan 2023 tercantum dalam logo utama peringatan tahun ini. Adapun filosofi logo Hari Pahlawan 2023 adalah sebagai berikut.

- Matahari

Matahari melambangkan penerangan, mengingat bagaimana kehadirannya yang terang menerangi dunia dan memberikan harapan sama seperti pahlawan.

- Saling Merangkul

Pahlawan adalah orang yang merangkul orang lain demi tercapainya tujuan bersama dan tidak hanya memikirkan diri sendiri.

- Anyaman Bambu

Anyaman merupakan tradisi bangsa Indonesia yang banyak dijadikan sebagai usaha rakyat. Ini merupakan simbolisasi bagaimana ekonomi kerakyatan bisa membuat Indonesia tumbuh.

Pedoman Penggunaan Logo Hari Pahlawan 2023

Pedoman Identitas Visual Hari Pahlawan Nasional 2023 telah jelas menerangkan mengenai penggunaan logo Hari Pahlawan 2023. Orientasi, warna, dan komposisinya wajib mengikuti aturan yang ada pada pedoman dari Kemensos.

Ringkasnya, logo Hari Pahlawan 2023 tidak boleh ditampilkan atau digunakan dalam kondisi berikut:

- Dilarang mengubah proporsi logo

- Dilarang mengubah rotasi logo

- Dilarang mengubah perspektif logo

- Dilarang menambahkan efek bayangan pada logo

- Dilarang mengubah warna di luar palet

- Dilarang mengubah komposisi logo

- Dilarang mengubah warna logo menjadi gradasi

- Dilarang mengubah jenis huruf pada logo

Demikianlah informasi mengenai logo Hari Pahlawan 2023. Semoga bermanfaat dan selamat memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada esok lusa, Jumat 10 November 2023! Bersama kobarkan "Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan".

#red









 
Top