JAKARTA -- PT Pertamina (Persero) berkomitmen untuk mengembangkan kewirausahaan perempuan. Hal ini dibuktikan dengan menghadirkan program PFpreneur Pertamina Foundation 2023.

Perlu diketahui, PFpreneur bertujuan untuk mengembangkan kewirausahaan perempuan berbasis pengelolaan usaha modern agar naik kelas dan berdaya saing.

BACA JUGA: Dukung Pengembangan Konsep UMKM Hijau, Kementan Dorong Akses Permodalan Pertanian

Hal tersebut disampaikan dalam diskusi bertajuk "Peran Pertamina Mendukung UMKM Indonesia Go Global" di Pertamina Small Medium Enterprise Expo (SMEXPO) 2023 di Mal Gandaria City, Jakarta Selatan, Kamis (2/11/2023). Adapun SMEXPO 2023 berlangsung dari Selasa (31/10/2023) hingga Minggu (5/11/2023).

Vice President (VP) Pemberdayaan Masyarakat dan Lingkungan Pertamina Foundation, Humaina mengatakan, PFprenuer merupakan salah satu dari lima program andalan Pertamina Foundation.

"PFpreneur berkontribusi untuk membantu pengembangan minat dan potensi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta mendorong pemberdayaan perempuan di bidang kewirausahaan," ujar Humaina di Jakarta, Kamis (2/11/2023) lalu. 

Humaina melanjutkan, PFpreneur 2023 telah dibuka hingga 20 Oktober 2023 lalu. PFpreneur menyasar perempuan usia produktif minimal 18 tahun yang sudah mempunyai usaha minimal telah berjalan selama enam bulan.


Adapun jenis usaha yang dapat ikut serta dalam program tersebut, meliputi bidang kerajinan (kriya), fesyen dan kuliner.

“Seluruh tahapan pelatihan dan seleksi program ini dilakukan secara online lewat website pertaminafoundation.org. Tahun ini, terdapat 11.000 pelaku UMKM pendaftar yang tersebar dari 26 provinsi di Tanah Air. Namun, dari total jumlah tersebut diseleksi menjadi 1.000 UMKM yang terpilih dalam pendampingan,” terangnya.

Humaina menambahkan, karakteristik serta potensi UMKM peserta program PFpreneur 2023 beragam. Seluruh produk yang dikembangkan pelaku UMKM merupakan produk yang dihasilkan dari bahan baku lokal unggulan.

Misalnya, bahan baku dari komoditas pisang, diolah menjadi aneka produk, mulai dari keripik, tepung, hingga kerajinan tangan berupa tas yang terbuat dari pelepah pisang. Contoh lain adalah produk dari komoditas bambu yang dikreasikan menjadi aneka produk kriya bernilai ekonomi tinggi.

“Kami menargetkan pada 2025 dapat melatih sedikitnya 5.000 kewirausahaan perempuan agar dapat menjadi wirausaha yang unggul, berdaya saing, serta memajukan ekonomi lokal,” cetus Humaina.

BACA JUGA: KemenKopUKM Dorong Pengoperasian Rumah Kemasan Demi Dongkrak Omzet UMKM

Sejumlah UMKM binaan pertamina yang tergabung dalam program PFpreneur pun diikutsertakan dalam berbagai pameran, seperti The Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) dan Trade Expo Indonesia (TEI) yang digelar secara berkala tiap tahun.

Hal itu merupakan salah satu upaya Pertamina Foundation membantu pelaku UMKM mengakses pasar yang lebih luas, baik skala nasional maupun internasional.

Hal itu sudah dibuktikan UMKM binaan Pertamina, salah satunya adalah Kainesia. UMKM ini mengantong omzet harian hingga Rp 100 juta ketika mengikuti Inacraft.

Tidak hanya itu, pascaevent berlangsung, UMKM Kainesia berhasil dealing dengan buyer yang memesan sebanyak 60.000 kain yang dimodifikasi untuk hampers eksklusif.

#rel/ede





 
Top