LIMAPULUH KOTA, SUMBAR -- Satu unit minibus mengalami kecelakaan tunggal  di jalan nasional Sumbar  - Riau Km20, Lubuk Bangku, Kabupaten Limapuluh Kota, Selasa (10/10/2023) dinihari sekira pukul 03.00 WIB.

Mobil Avanza bernopol BA 1299 CK terjun bebas ke jurang sedalam lebih kurang 10 meter. Mobil terhempas ke bebatuan sungai di dasar jurang, hingga ditemukan dalam kondisi terbalik. Sebanyak 3 orang di dalam mobil meninggal dunia.

Kepala Kantor SAR Padang, Abdul Malik menyebutkan, korban tewas yakni Asri (63), Riza Afrina (40) dan Afrow (59).

“Proses evakuasi korban dilakukan oleh Tim Gabungan. Korban telah dibawa ke RS Adnaan WD Payakumbuh,” paparnya. 

Terkait kronologis kejadian, Kanit Gakkum Satlantas Polres Lima Puluh Kota, Iptu Mon Irzal, memaparkan bahwa kecelakaan maut merenggut 3 nyawa itu  terjadi dinihari sekira pukul 03.00 WIB.

Kejadian tidak jauh dari kawasan Kelok Sembilan tepatnya di Km 20, Lubuk Bangku, Jorong Air Putih, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar).

Katanya, kendaraan yang terlibat kecelakaan tunggal adalah satu unit  minibus Toyota Avanza BA 1299 CK.

Minibus ini dikemudikan oleh ibu rumah tangga (IRT) bernama Riza Afrina (40) warga Kecamatan Situjuh Limo Nagari, Kabupaten Limapuluh Kota.

Selanjutnya penumpang minibus bernama Asri (62) seorang petani yang tinggal di Kecamatan Suliki serta Afrow (39) seorang IRT yang tinggal di Kecamatan Situjuh Limo Nagari, Kabupaten Limapuluh Kota.

"Pengendara dan dua orang penumpangnya meninggal dunia dalam kecelakaan tunggal ini," kata Iptu Mon Irzal.

Minibus, paparnya lagi, datang dari arah Pekanbaru menuju Payakumbuh.

"Pengemudi diduga mengantuk sehingga kendaraan hilang kendali dan masuk ke dalam jurang yang di bawahnya terdapat aliran sungai," katanya.

Iptu Mon Irzal menjelaskan kendaraan masuk ke dalam jurang yang memiliki kedalaman lebih kurang 10 meter.

Sebelumnya, informasi ihwal terjadinya kecelakaan di lokasi diterima oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Padang (Kantor SAR Padang-red) pada Selasa (10/10/2023) pagi. 

Kepala Kantor SAR Padang, Abdul Malik mengatakan bahwa satu unit mobil masuk jurang.

Peristiwa ini terjadi tepatnya di Lubuk Bangku, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

#trb/bin





 
Top