PADANG -- Forum Masyarakat Minangkabau (FMM) melaksanakan aksi damai membela perjuangan rakyat Palestina untuk merdeka dari penjajahan Zionis Israel di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Minggu (15/10/2023) kemarin. 

Aksi yang diwarnai arak-arakan sepeda motor mengitari sebagian kawasan Padang Utara dan Padang Barat, dimulai sekitar pukul 09.30, dengan titik simpul komplek Masjid Raya Sumbar. 

Sembari meneriakkan Takbir, massa bergerak melintasi kawasan Gunung Pangilun, Lapai, Ulak Karang, Veteran sampai kawasan Pantai Padang. 

Ketua FMM, Ibnu Aqil D Ghani, mengatakan, aksi bela Palestina tersebut diikuti warga dari berbagai daerah di Sumbar. Jadi tidak hanya diikuti warga Kota Padang saja.

Menurut Ibnu, tindakan Israel terus melakukan penyerangan dan kekejaman terhadap rakyat Palestina tidak bisa dibenarkan. Apalagi, militer Zionis tanpa sedikit pun rasa kemanusiaan terus menggempur, menyerang membabi buta warga sipil di Jalur Gaza.

“Tindakan Israel merupakan tindakan melanggar hak asasi manusia (HAM) dan perlu ditentang, karena yang dilakukan Israel saat ini bukan hanya ingin menguasai, melainkan juga ingin membunuh dan menyingkirkan rakyat Palestina,” ujar Ibnu.

Massa FMM juga mendorong pemerintah pusat untuk menginisiasi dukungan internasional dalam rangka membela kepentingan rakyat Palestina dalam mendapatkan hak-haknya. 

“Kita berharap, mata dunia semakin terbuka untuk peduli akan hak-hak Palestina dan HAM kaum Muslimin di dunia,” lontar Ibnu.

Sore harinya aksi dilanjutkan dengan orasi dari berbagai elemen masyarakat. 

Aksi yang berlangsung di perempatan lampu merah jam Ria tersebut berlangsung dengan aman dan tertib di bawah pengawasan aparat kepolisian. Tepat azan maghrib berkumandang, masa aksi membubarkan diri dengan tertib.

#lim/ede





 
Top