JAKARTA – Partai Nasdem dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi berkoalisi. Dua parpol itu mendeklarasikan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) sebagai bacapres-bacawapres. Masuknya PKB belakangan membuat Partai Demokrat menarik diri dari koalisi.

Sebelumnya, Nasdem, Demokrat dan PKS tergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). Kendati Demokrat telah hengkang, Nasdem memastikan sejauh ini belum ada rencana untuk mengubah nama koalisi.

Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali mengatakan, nama koalisi sudah ditetapkan. Dengan demikian, pihaknya akan terus menggunakannya. Soal bergabungnya PKB yang notabene anggota koalisi pemerintah, Ali menyebut itu bukan persoalan.

’’Koalisi Perubahan. Itulah nama koalisi yang sudah ditetapkan, karena kata perubahan itu satu keniscayaan,’’ ujarnya di kantor DPP Nasdem.

Ali juga menyindir Partai Demokrat yang mengklaim diksi tersebut miliknya. Ia membantah jika Demokrat yang lebih dulu menginisiasi tagline itu. 

’’Ketika ada orang yang mengklaim bahwa itu milik mereka, rasanya nggak pas,’’ tuturnya.

Ia mengingatkan, perubahan sudah jauh dikenalkan Nasdem. Bahkan sejak Nasdem berdiri. Ali menegaskan, perubahan dalam bingkai restorasi sudah menjadi jiwa Nasdem. 

’’Jadi, gagasan narasi perubahan itu adalah narasi yang memang dibawa Partai Nasdem ketika pertama didirikan,’’ pungkasnya. 

#jpg/bin




 
Top