SAWAHLUNTO, SUMBAR -- Kata Raimuna merupakan gabungan dua kata yaitu "Rai" dan "Muna". "Rai" berarti sekelompok orang yang berkumpul untuk mencapai tujuan tertentu yang ditetapkan bersama. Sedangkan "Muna" adalah daya kekuatan jiwa seseorang yang berpengaruh baik dalam mencapai kesuksesan.

Dalam kepramukaan tanah air juga populer kata "Raimuna", yakni ajang pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka. Raimuna diselenggarakan mulai dari tingkat Kwartir Ranting hingga tingkat nasional.

BACA JUGA: Bupati Epyardi Asda Lepas 46 Kontingen Kabupaten Solok...

Raimuna Nasional XII Tahun 2023 akan berlangsung pada tanggal 14-21 Agustus 2023 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur, Jakarta Timur.

Selama pelaksanaan kegiatan, para peserta akan mengikuti total 122 kegiatan yang terbagi dalam lima pilar kegiatan. Yakni persatuan dan kesatuan, kebudayaan, teknologi, pengetahuan dan keterampilan, serta pengabdian masyarakat.

Raimuna Nasional XII ditargetkan akan dihadiri lebih dari 25 ribu peserta yang merupakan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang berusia kisaran 16-25 tahun dari seluruh Indonesia.

Dari Kota Sawalunto, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), pada Kamis (10/8/2023) kemarin, telah diberangkatkan sebanyak 50 kontingen menuju Bumi Perkemahan Cibubur guna mengikuti sekaligus ikut mensukseskan Raimuna Nasional ke-XII. Para kontingen diberangkatkan menggunakan jalur darat dengan dua buah bus, dilepas secara resmi dilepas Wakil Wali Kota (Wawako) Sawahlunto Zohirin Sayuti, di depan Balaikota Kota Sawahlunto. 

Dari catatan Kwarcab Sawahlunto, diketahui jumlah total kontingen Sawahlunto yaitu sebanyak 50 orang. Dengan jumlah kontingen inti sebanyak 36 orang.

Wawako Zohirin Sayuti yang melepas keberangkatan dan sempat masuk meninjau kondisi kontingen di dalam bus menyampaikan doa agar diberikan kelancaran dan keselamatan dalam perjalanan. 

"Kita berpesan agar semua kontingen berhati-hati dan menjaga kesehatan. Untuk para pendamping tolong maksimal diawasi para kontingen kita," ungkap Wawako Zohirin.

Sebelumnya, pelepasan secara resmi telah dilaksanakan pada Senin (7/8 2023) lalu ditandai dengan penyerahan rompi dan seragam kerja kontingen oleh Wali Kota Deri Asta, Ketua Kwarcab yakni Wakil Wali Kota Zohirin Sayuti dan Anggota DPRD Neldaswenty.

#rel/ede





 
Top