PADANG -- Upgrade kapasitas teknis sumber daya manusia (SDM) di bidang teknologi informasi (TI) merupakan suatu keniscayaan dan akan terus beriringan dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan. Disamping itu, dinamika tuntutan dan kebutuhan organisasi juga menuntut tersedianya SDM yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Dalam rangka merespons kebutuhan dimaksud, Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sumatera Barat (Bapenda Sumbar) bekerjasama dengan PT. Telkom Indonesia, secara regular menyelenggarakan pelatihan bidang TI. 

Untuk Tahap I tahun 2023, diselenggarakan pada tanggal 6 s.d 8 Juli 2023 di Kota Denpasar, Provinsi Bali. Pelatihan dibuka oleh Kepala Bapenda Sumbar Maswar Dedi. 

Dalam sambutannya, Kepala Bapenda Sumbar menyampaikan harapan kepada peserta pelatihan untuk dapat memanfaatkan kesempatan menimba ilmu tersebut dengan optimal dan diharapkan terjadi peningkatan kinerja personal teknis TI Bapenda Sumbar pasca pelatihan. Tak lupa, ia menyampaikan ucapan terimakasih kepada PT. Telkom atas kerjasama dan bantuan teknis yang telah diberikan. Adapun peserta pelatihan dari Bapenda Sumbar antara lain Suhendri, Kamaruzaman, Yadi Arham dan Rio.

Account Manajer Kandatel Telkom Indonesia Sumbar, Arfan, memberikan dukungan penuh pelaksanaan Bimtek Bapenda Sumbar dan sudah menjadi salah satu layanan Telkom Indonesia untuk memberikan dukungan dalam peningkatan kompetensi teknis SDM bidang TI. 

Hadir selaku narasumber pada pelatihan ini, salah satunya Yusuf Muhyidin, ST, M.Kom, seorang praktisi bidang TI yang juga dosen di Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Wastukancana Purwakarta. 

Adapun materi yang ia sampaikan sesuai dengan kebutuhan dan permintaan dari Bapenda Sumbar yaitu tentang "Tata Kelola Perangkat Keras dan Keamanan Jaringan”.

Pelaksanaan pelatihan lebih ditekankan kepada pembahasan permasalahan yang ditemukan di lapangan, troubleshooting, diskusi tentang isu-isu terkait topik pelatihan dan perencanaan kedepan tentang pengelolaan perangkat keras dan keamanan jaringan.

Dalam rangka pembentukan tim kerja solid, maka pada materi pelatihan ditambahkan sesi kolaborasi dan kerjasama tim.

Bentuk konkrit kegiatan yang dipandu Oleh Vani dan Ericka ini adalah aktivitas yang memerlukan komunikasi dan koordinasi untuk pencapaian tujuan tim / kelompok.

"Semoga kegiatan yang sangat positif ini terus berkelanjutan di masa masa mendatang," harap Maswar Dedi. 

#rel/ede






 
Top