JAKARTA -- Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto blak-blakan soal penyebab banyaknya kasus korupsi yang terjadi di Indonesia.

Menurutnya, salah satu alasan adanya kasus korupsi di tanah air karena gaji pejabat dan pegawai negeri sipil (PNS) yang terlalu kecil.

"Akhirnya saya sadar, akar masalahnya adalah gaji. Gaji pejabat-pejabat kita, gaji pegawai negeri sipil terlalu kecil," ungkap Prabowo saat berbincang dengan Najwa Shihab yang ditayangkan di YouTube, dikutip Jumat (30/6/2023).

Bakal calon presiden (Capres) ini juga menjelaskan kalau korupsi terjadi karena para pejabat khawatir soal nasib masa depan mereka jika sudah tak memiliki pekerjaan.

"Sehingga membuat para pejabat takut akan masa depan, ini yang membuat iklim memudahkan kebocoran dan sebagainya," lanjutnya.

Prabowo melanjutkan, apabila negara sudah memberikan gaji tinggi pada para pegawai tapi tetap korupsi, maka pemerintah harus menindak tegas.

"Kalau negara sudah beri penghasilan yang cukup baik masih melakukan hal-hal seperti itu, ini sudah harus dihukum yang sangat keras," tegasnya.

Lebih lanjut ia mengaku kalau Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah berkali-kali memperingatkan jajarannya untuk tidak korupsi.

"Presiden berkali-kali membahas ini dan menegur dan anda lihat sendiri berapa pejabat yang beliau serahkan ke proses hukum tidak ada upaya untuk melindungi mereka-mereka yang bersalah," ulasnya.

#src/bin






 
Top