BENGKULU -- Goa Suruman merupakan salah satu goa yang terbentuk secara alami di Indonesia yang memiliki keindahan luar biasa.

Destinasi purba nan eksotis ini berlokasi di Desa Batu Ampar Kecamatan Kedurang Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu.

Goa Suruman memang belum lama menjadi objek wisata Bengkulu Selatan, namun pihak pemerintah setempat menyatakan bahwa Goa Suruman menjadi wisata unggulan bagi Kedurang.

Goa yang terbentuk secara alami ini masih menyimpan banyak misteri dan hal mistis asal muasal terbentuknya. Bahkan hingga saat ini belum diketahui pasti kedalaman Goa Suruman.

Meskipun begitu, keindahan Goa Suruman tak perlu diragukan lagi. Berbagai keindahan alam ditawarkan oleh goa ini.

Wisatawan akan disuguhi pesona kecantikan stalagmit dan stakalit yang ada di dalam goa.

Selain itu, masih di areal goa, terdapat juga Hujan Abadi, Gerbang Lonceng dan Aula Pelaminan yang tak kalah menarik para pengunjung.

Goa Suruman diduga memiliki potensi keindahan wisata yang masih banyak namun tersembunyi dan masih misteri, sebab belum adanya penelitian terkait kedalaman goa ini.

Para pengunjung juga akan ditawarkan suasana alam yang masih asri dan alami sebab Goa Suruman masih belum terjamah orang banyak.

Bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Goa Suruman agar meminta izin dari pemerintah desa demi menjaga keselamatan.

Berkunjung ke Goa Suruman, pengunjung harus menjaga kebersihan dan tidak merusak gua. Hal itu dilakukan agar keasrian Goa Suruman tetap terjaga dan tidak rusak. 

Untuk menuju ke Goa Suruman terbilang ekstrim karena masih belum adanya jalur yang yang dibangun.

SumatraZoners tertarik untuk berkunjung ke Goa Suruman? Yuk kunjungi dan saksikan langsung keindahan alam Goa Suruman di Bengkulu!

#rmm/bin





 
Top