LANGKAT, SUMUT -- Bentrokan antara organisasi kepemudaan (OKP)  Ikatan Pemuda Karya (IPK) dan Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan TNI dan Polri (FKPPI) terjadi di Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut). 

"Benar, peristiwa itu terjadi pada Minggu 9 Juli 2023 pukul 18.30 WIB. Terjadi bentrok antara DPD IPK Kabupaten Langkat dan PC FKPPI Kabupaten Langkat di Dusun Tanjungbalai," kata Kasi Humas Polres Langkat, AKP Yudianto kepada awak media setempat, Senin (1/7/2023)..

Yudianto menyebut, bentrokan tersebut bermula saat PC FKPPI Kabupaten Langkat mengadakan kegiatan Super Gasstrack 2023 di Dusun Mberlagan, Desa Besadi, Kecamatan Kuala. Tak jauh dari lokasi, DPD IPK Kabupaten Langkat juga mengadakan kegiatan kuda lumping.

"Setelah kegiatan, rombongan PC FKPPI melintas di Dusun Tanjungbalai, Desa Beruam. Tetapi rombongan PC FKPPI dilempari dengan batu dari arah kebun sawit milik PT LNK oleh massa dari DPD IPK," ujarnya.

Menurut Yudianto, massa dari PC FKPPI langsung turun dari mobil dan menyerang massa DPD IPK dengan menggunakan senjata tajam.

"Selanjutnya anggota Polres Langkat yang melakukan pengamanan berusaha melerai dan mengamankan lokasi namun petugas malah dilempari dengan menggunakan batu oleh masa dari DPD IPK," katanya.

Akibat kejadian itu, kata Yudianto, Ketua PAC IPK Batang Serangan, Simson Sembiring tewas dengan luka bacok dan beberapa orang lainnya mengalami luka sabetan senjata tajam. Seorang polisi juga mengalami luka luka.

"Korban meninggal dunia atas nama Simson Sembiring mengalami luka bacokan. Lalu anggota IPK bernama Sultan mengalami luka bacok di kepala. Saat ini korban masih menjalani perawatan. Kemudian anggota Sat Intel Polres Langkat juga terluka," ucapnya.

Yudianto menyebut keributan tersebut telah diatasi oleh personel Polres Langkat. Namun, petugas masih berjaga jaga di lokasi untuk mengantisipasi bentrokan susulan.

"Sampai dengan saat ini situasi telah aman dan baik, personel Polres Langkat masih melakukan berada di lokasi dan melakukan pengamanan," katanya.

#fnr/fra/pul




 
Top