JAKARTA -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, Banten, mengevakuasi seorang pria obesitas dengan berat badan mencapai 200 kg ke RSUD Kota Tangerang. Diketahui, pria tersebut bernama Cipto Raharjo (CR), dan merupakan warga Kecamatan Pinang.

Pihak RSUD melaporkan, Cipto Raharjo kini menjalani perawatan setelah dievakuasi dari rumah tempat tinggalnya pada Selasa (4/7/2023). Cipto kemudian tiba di rumah sakit sekitar pukul 21.17. Hingga kini, tim dokter RSUD Kota Tangerang masih melakukan pemeriksaan untuk menganalisis berbagai penyakit yang kemungkinan menjangkit Cipto imbas kelebihan berat badan.

Juga dilaporkan, Cipto dibawa ke rumah sakit dengan keluhan sesak napas selama sepekan terakhir. Kondisinya tersebut disebut semakin parah dalam tiga hari terakhir.

"Pasien dibawa dengan keluhan sesak napas selama 1 minggu ini, memberat 3 hari ini. Terdapat nyeri kaki kanan dan kiri dan tidak dapat berjalan sejak 2 minggu ini, dan tidak ada riwayat jatuh. Selama 2 minggu ini pasien hanya jalan mengesot untuk ke kamar mandi," ungkap pihak RSUD Kota Tangerang dalam keterangan tertulis, Rabu (5/7/2023).

Lebih lanjut pihak RSUD menjelaskan, saat ini Cipto tengah ditangani oleh tim dokter terdiri dari spesialis penyakit dalam, spesialis paru, spesialis gizi klinik, spesialis jantung, spesialis urologi, spesialis kulit, spesialis rehabilitasi medik, dan dokter gigi spesialis penyakit mulut.

"Pasien masih terus dilakukan pemeriksaan penunjang laboratorium dan radiologi, untuk saat ini perawatan awal medis untuk perbaikan keadaan umum pasien terlebih dahulu," pungkas pihak RSUD.

#dtc/bin






 
Top