AGAM, SUMBAR -- Guna memacu laju pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat, tahun ini Kecamatan Tanjung Raya mendapat gelontoran dana sebesar Rp20 miliar dari APBD Kabupaten Agam tahun 2023 yang diperuntukkan sejumlah kegiatan pembangunan infrastruktur.

Camat Tanjung Raya, Roza Syafdefianti, mengungkapkan rasa syukur atas gelontoran dana yang menurutnya berjumlah luar biasa besar tersebut.

“Alhamdulillah tahun ini Kecamatan Tanjung Raya mendapat anggaran yang jumlahnya luar biasa untuk pembangunan infrastruktur dan kegiatan lain. Tercatat dana tersebut berjumlah sebesar Rp20 miliar,” ujar Roza Syafdefianti kepada awak media setempat, Senin (5/6/2023).

Adapun dana sebesar Rp20 miliar tersebut, seperti dijelaskan Roza, digunakan untuk sejumlah kegiatan pembangunan infrastruktur seperti perbaikan ruas jalan kabupaten, pembangunan bahu jalan, rehab gedung sekolah, pembangunan toilet sekolah, pagar sekolah, jembatan, irigasi, pembangunan SPAM jaringan perpipaan dan lainnya.

Lebih lanjut ia merinci bahwa dana sebesar Rp20 miliar itu sudah termasuk ke dalam dana pokok-pokok pikiran (Pokir) anggota DPRD Agam asal Tanjung Raya, antara lain Alhamdi Arif, Irfan Amran dan Suhermi.

Selain dari APBD Agam, ungkap Roza lagi, kecamatan yang kini ia pimpin juga mendapat gelontoran APBD Provinsi Sumbar yang diperuntukkan pembangunan infrastruktur seperti jalan dan jembatan.

“Untuk dana APBD Provinsi Sumbar digunakan untuk pembangunan Jembatan Kurambik, pengaspalan jalan provinsi di Nagari Bayua dan penambalan jalan yang rusak,” urainya.

Gelontoran dana pembangunan infrastruktur dari APBD Agam untuk tahun ini, diakui Roza jauh mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Pada tahun 2019, Tanjung Raya hanya mendapat dana APBD Agam Rp11 miliar, tahun 2020 Rp5 miliar dan tahun 2021 Rp11 miliar.

“Pada tahun 2020 dan 2021 terjadi pengurangan dana karena saat itu sedang dilanda Pandemi Covid-19, makanya dana APBD dipotong untuk penanganan Covid,” katanya.

Dengan adanya dana sebesar Rp20 miliar untuk Tanjung Raya, diharapkan laju pertumbuhan ekonomi masyarakat juga mengalami peningkatan. Untuk itu, ia mengajak masyarakat untuk bersama-sama mendukung kegiatan pembangunan infrastruktur serta ikut menjaga dan memelihara apapun jenis pembangunannya.

“Dalam hal ini semua pihak tidak saja diharapkan berpartisipasi mendukung pelaksanaan pembangunan, namun juga bersama-sama mengawasinya," ungkap Roza.

Selain itu ia juga mengungkapkan bahwa ruas jalan provinsi Manggopoh – Padang Lua yang melewati wilayah Kecamatan Tanjung Raya dikabarkan juga akan diperbaiki dalam waktu dekat. Dana yang digunakan untuk perbaikan itu berasal dari dana Inpres atau Instruksi Presiden.

“Dalam waktu sekitar 1 bulan lagi akan ada perbaikan dan pengaspalan jalan di sejumlah titik ruas jalan provinsi yang ada di Kecamatan Tanjung Raya,” tandasnya.

#k12/ede




 
Top