PASURUAN, JATIM -- Banyak cara yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (pemkab)  Pasuruan dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dan nelayan di bidang teknologi dan kualitas produksi agribisnis. Diantaranya dilakukan dengan memberangkatkan petani dan nelayan untuk berpartisipasi aktif sebagai kontingen di ajang Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) ke-16 Tahun 2023 di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). 

Secara simbolis, rombongan berjumlah 34 orang yang terdiri dari 28 orang peserta utama dan 6 orang peserta pendamping tersebut diberangkatkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Pasuruan, Yudha Triwidya Sasongko pada Kamis (8/6/2023) kemarin.  

Bertempat di Auditorium Mpu Sindok, Gedung Maslahat Komplek Perkantoran Kabupaten Pasuruan, keseluruhan kontingen dijadwalkan akan mengikuti rangkaian acara mulai tanggal 10-15 Juni 2023.

Dalam sambutannya, Sekda Yudha memberikan motivasi kepada  para kontingen Penas KTNA agar benar-benar memanfaatkannya sebagai media pembelajaran. Sekaligus sebagai forum silaturahmi untuk memperluas jejaring kemitraan bersama para pelaku agribisnis di tanah air.

"Pemkab Pasuruan terus mengoptimalkan kualitas SDM petani dan nelayan agar lebih berdaya saing. Diantaranya dengan mengimplementasikan program YESS (Youth Entrepreneurship and Employment Support Service) sebagai program yang sudah berhasil membantu dan merekrut para pemuda milenial untuk terjun kedunia pertanian secara luas. Termasuk dengan memberangkatkan ke Penas KTNA ke-16 di Padang," tuturnya dengan bersemangat. 

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pasuruan, Lilik Widji Asri menambahkan, peserta terdiri Pengurus KTNA Kabupaten Pasuruan dan Alumni Magang Jepang (IKAMAJA). Juga Pengurus P4S (Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya), Duta Petani Milenial, Duta Petani Andalan dan Petani Berprestasi, didampingi Petugas Penyuluh Pertanian. 

"Kegiatan Penas KTNA ke 16 Tahun 2023 diklasifikasikan dalam 4 kegiatan besar. Masing-masing, upacara pembukaan akan dibuka secara resmi oleh Presiden RI dan apresiasi. Dilanjutkan materi Kepemimpinan dan Kemandirian Kontak Tani Nelayan. Berikut Kemitraan Usaha dan Jaringan Informasi Agribisnis serta Pengembangan Teknologi dan Kualitas Produksi Agribisnis," jelasnya. 

#ema/ede






 
Top