MIMIKA, PAPUA -- Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten (Pj Sekdakab) Mimika Petrus Yumte melepas peserta Pekan Nasional Kelompok Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) utusan Kabupaten Mimika di salah satu hotel di Yos Sudarso, Kamis (8/6/2023).

Kabupaten Mimika termasuk salah satu peserta PENAS KTNA ke 16 tahun 2023 di Padang, Sumatera Barat, yang akan dilaksanakan 10 -15 Juni 2023.

Ketua Tim Penas KTNA Mimika Petrus Lewa Koten mengatakan Mimika mengirim 179 peserta yang terdiri dari 1 orang peninjau, 74 orang penyuluh, dan 104 peserta dari petani, nelayan, peternak dan pengusaha UMKM.

Penas KTNA utusan dari Kabupaten Mimika terdiri dari peserta utama, tim pendamping dan tim peninjau.

Peserta diberangkatkan dari Mimika menuju Sumbar pada Jumat (9/6/2023) ini. 

Pj Sekda berharap perwakilan Kabupaten Mimika dapat menjaga dan membawa nama baik Kabupaten Mimika.

Menurutnya Penas KTNA merupakan ajang bagi Kabupaten Mimika untuk berbagi pengetahuan dan menyerap ilmu dari para peserta dari seluruh Indonesia. Selain itu Penas KTNA juga ajang promosi apa yang menjadi potensi unggulan dari daerah.

“Kita harapkan peserta utusan dari Mimika ketika pulang bisa membawa hasil seperti kita harapkan, yakni lebih kreatif, kemudian jangan ambil ilmu saja, kalau bisa kita juga berikan ilmu kita kepada peserta lain dan peserta lain mau belajar dari kita,” tegasnya.

Peserta juga diharapkan ketika kembali dapat membuat inovasi-inovasi baru di setiap bidang mereka.

“Jangan rica ambil dari Manado, bawang dari Sulawesi, tapi kita harus tanam cabe sendiri, kalau musim hujan tiba bagaimana caranya agar panen tetap stabil belajar dari sana,” tutupnya.

#spc/ede






 
Top