WAYKANAN, SUMBAR -- Bupati Way Kanan Provinsi Lampung, Raden Adipati Surya, mengatakan, pihaknya akan mendorong generasi muda (kaum Milenial) di wilayahnya untuk menjadi petani.

Hal tersebut disampaikannya saat bersilaturahmi dengan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Way Kanan yang mengikuti kegiatan Pekan Nasional (Penas) KTNA ke-16 Tahun 2023 di Padang, Sabtu (10/6/2023).

Menurut bupati, Kabupaten Way Kanan memiliki potensi yang cukup menjanjikan di sektor perkebunan, perikanan dan peternakan. Untuk itu ia mendorong kaum Milenial yang telah menyelesaikan pendidikan untuk menjadikan sektor tersebut menjadi mata pencaharian.

"Kita mendukung milenial menjadi petani, dengan cara memberikan pelatihan-pelatihan, seperti cara bercocok tanam, beternak, maupun pembuatan pupuk organik," katanya.

Selain itu, lanjutnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Way Kanan juga mengarahkan program-program CSR dari perusahaan-perusahaan, lebih ke arah pembangunan sektor pertanian, tidak lagi hanya terfokus pada pembangunan maupun perbaikan infrastruktur.

Bupati juga berpesan pada seluruh KTNA Kabupaten Way Kanan, maupun para pejabat yang turut hadir pada kegiatan Penas Tani ini, agar membawa oleh-oleh sekembalinya ke Way Kanan nanti.

"Ikuti kegiatan ini, pelajari teknologi-teknologi yang dihasilkan, maupun perkembangan dan kemajuan program daerah lain, kemudian bawa pulang dan terapkan di Way Kanan," tambahnya

Bupati juga meminta kepada jajarannya, apa yang didapat di Penas Tani ini untuk dicatat, kemudian dilaporkan, untuk selanjutnya menjadi bahan yang akan ditindak lanjuti untuk kemajuan sektor pertanian di Way Kanan. 

Termasuk dari Kabupaten Way Kanan, secara keseluruhan Provinsi Lampung

#mcp/ede





 
Top