PANGKALPINANG — Kontingen Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada Rabu (7/6/2023) pagi, resmi bertolak ke Padang Provinsi Sumatera Barat untuk mengikuti Penas KTNA ke-16 Tahun 2023 di Lanud Sutan Sjahrir, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). 

Keberangkatan kontingen dengan jumlah 357 orang itu dilepas secara resmi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretaris Daerah Provinsi (Asisten Ekbang Sekdaprov) Kepulauan Babel H Yanuar di Bandar Depati Amir Pangkalpinang. Ikut mendampingi Yunan, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Babel Edi Romdhoni.

Yanuar mengatakan, kegiatan Penas KTNA ke-16 merupakan momentum penting dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan petani.

“Ambil hal positifnya, bawa ke sini, apa yang bisa dipelajari,” katanya.

Menurut Yanuar, sektor pertanian di Babel membutuhkan berbagai sentuhan inovasi dan teknologi. Karena itu informasi yang ada di arena Penas KTNA ke-16 penting untuk diserap agar nanti dapat diadopsi di Negeri Serumpun Sebalai.

“Apa yang bisa kita kembangkan di sini (Babel-red), kita kembangkan. Itu yang menjadi harapan kita,” ujar Yanuar.

Di sisi lain Yanuar berpesan agar seluruh tim dan kontingen Babel dapat menjaga nama daerah selama Penas berlangsung Selain itu ia juga minta anggota kontingen untuk menjga sikap sekaligus menghormati adat dan budaya Sumbar sebagai tuan rumah penyelenggaraan Penas.

“Selamat mengikuti Penas di Padang, semoga kita semua dapat berangkat dan kembali ke Babel dengan selamat,” tandasnya.

#han/nda/ede







 
Top