INHU, RIAU -- Bupati Indragiri Hulu (Inhu)  secara resmi melepas rombongan  kontingen sebanyak 158 orang menuju Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA)  ke-16 tahun 2023  di Kawasan Lanud Sutan Sjahrir Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), yang akan berlangsung  pada 10–15 Juni 2023.

Pelepasan kontingen dipusatkan di halaman kantor Bupati Inhu Jumat (9/6/2023). Turut hadir mendampingi Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi, Sekda Inhu, Hendrizal,Asisten II Pemkab Inhu, Paino, Staf ahli bupati bidang administrasi Umum,Ahmad Syukur, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Inhu, Dedi Dianto, Kepala Dinas Koperasi UKM Inhu, Suyono, Ketua Harian KTNA Inhu, Sriwahyu Harianto dan Kepala bidang Kabid Penyuluhan dan Pengembangan SDM, Tarsuwi.

Ketua Harian KTNA Inhu, Sriwahyu Harianto mengatakan sebanyak 158 petani yang terdiri dari petani tanaman pangan holtikultura, peternakan dan petani perkebunan serta perikanan untuk mengikuti Penas KTNA ke-16 di Padang.

“Dalam keberangkatan petani asal Inhu ini, bupati Rezita Meylani Yopi ikut langsung mendampingi ke Padang. Hal ini sebagai motivasi  dan dukungan penuh beliau terhadap petani  untuk kemajuan lumbung pangan di Inhu di masa yang akan datang,” katanya.

Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi menyampaikan kepada petani nantinya dapat banyak membawa informasi dàn menyerap ilmu terkait bidang sektor pertanian untuk diterapkan di Kabupaten Inhu dalam mewujudkan visi Inhu yang maju, sejahterah, Inhu cemerlang dan religius.

“Apalagi kegiatan Penas tahun 2023 di Padang diikuti  petani seluruh Indonesia, termasuk petani Inhu sebanyak 158 orang, tentunya kegiatan ini tidak hanya sekedar ajang silaturahmi para petani  se Indonesia saja, akan tetapi meningkatkan Sumber Daya Manusia baik itu kualitas, kuantitas petani untuk andalkan  di Inhu dalam memajukan swasembada pangan,” katanya.

Bupati Inhu berharap besar kepada petani yang ada di Inhu karena petani salah satu ujung tombak  untuk ketahanan pangan dimana ketahanan pangan di kabupaten Inhu ditangan petani. Kemudian kepada  KTNA juga bisa berperan aktif bekerjasama dengan Pemerintah Inhu  dalam mencegah  dampak inflassi di Kabupaten Indragiri Hulu.

Selanjutnya, Bupati Inhu mengatakan bahwa secara substansi RT RW Inhu sudah disetujui oleh Kementrian, nantinya  tidak ada alih fungsi lahan pertanian ke perkebunan sehingga ketahanan pangan di Inhu semakin meningkat  guna mengurangi bahan pokok impor seperti beras dan ikan yang   selama ini bahan pokok masih  dari luar daerah”.

Untuk itu, dengan adanya kegiatan  Penas KTNA ke 16 tahun 2023 di Padang diharapkan, bupati mengharapkan agar petani benar-benar mengikuti secara maksimal untuk diterapkan di Kabupaten Inhu. Ia juga mengingatkan supaya menjaga kekompakan dan jaga solidaritas. 

#mrc/ede






 
Top