DELISERDANG, SUMUT -- Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan melepas peserta Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) ke-16 di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (8/6/2023). Acara pelepasan berlangsung di Aula Cendana, kantor bupati setempat.

Ashari Tambunan menyebutkan, Penas KTNA ke-16 akan dilangsungkan di Lapangan Udara (Lanud) Sutan Sjahrir Padang, 10 - 15 Juni 2023. Kabupaten Deli Serdang memberangkatkan sebanyak 123 kontingen dari Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan.

Penas KTNA ke-16 di Padang akan dibuka Presiden, Joko Widodo dan ditutup Wakil Presiden, KH Ma’ruf Amin.

“Kita syukuri, dengan alam yang luas terdiri dari topografi berbeda-beda. Ada di dataran rendah maupun tinggi, pantai dan pesisir. Subur tanahnya. Tuhan menganugerahkannya pada Deli Serdang, wilayahnya yang letak geografisnya strategis. Deli Serdang diapit 2 pelabuhan besar yakni, Belawan dan Kuala Tanjung. Perlu sampaikan adalah kita (Deli Serdang) sejengkal atau sepelemparan batu dengan pasar yang bisa menyerap semua hasil produksi kita. Terlebih hasil di bidang pertanian, termasuk peternakan dan perikanan,” kata Ashari.

Karena itu, Ashari optomis produksi asal Deli Serdang tidak akan kalah saing di pasar mana pun. Terlebih di Kota Medan.

“Pasti lah, seharusnya harga produksi kita lebih murah dikarenakan jarak angkutan yang sangat dekat,” paparnya, seraya memberi apresiasi kepada para petani karena berkat kerjak keras yang dilakukan, telah memberi kemajuan di Deli Serdang, khususnya di bidang pertanian.

Bupati berharap, melalui keikutsertaan di ajang Penas Petani Nelayan ini, para peserta bisa lebih semangat dalam membangun Deli Serdang.

“Para peserta harus lebih semangat. Mudah-mudahan, memperoleh tambahan ilmu, pengetahuan, teknologi dan pemahaman baru yang bisa dimanfaatkan dan mengembangkan pertanian di Deli Serdang,” harapnya.

Hadir di acara itu, Sekretaris Daerah (Sekda), Timur Tumanggor, Asisten II Perekonomian dan Pembangunan, Khoirum Rizal, Kepala Dinas Pertanian, Rahman Saleh Dongoran, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika,Statistik dan Persandian, Christina Helen Siagian dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, TM Zaki Aufa.

#nal/ede





 
Top